Demi Mainkan Spaso di Liga Champions Asia, Dua Pemain Belanda Jadi ‘Tumbal’

Striker anyar Bali United, Ilija Spasojevic, rupanya masih berstatus pemain ‘asing’ di Liga Champions Asia maupun Piala AFC. Meski sudah menjadi warga negara Indonesia (WNI) sejak Oktober 2017, namun dia belum lima tahun menyandang naturalisasi di Indonesia.

“Spaso status pemain asing di Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC,” kata Owner Bali United Pieter Tanuri seperti dikutip dari Tribun Bali.

Untuk bisa memainkan Spaso di kancah Asia, Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro mengatakan akan memilih salah satu dari dua pemain Belanda yakni Nick Van Der Velden dan Kevin Brands untuk didaftarkan bermain di Liga Champions Asia.

“Nanti kami akan lihat siapa yang akan dikorban antara Nick Van Der Velden dan Kevin Brands. Kita lihat situasi saat laga nanti di Liga Champions Asia dan Piala AFC,” kata Widodo.

Di Liga Champions Asia nanti, ada tiga tahap yang harus dilewati Bali United untuk bisa berlaga di fase grup. Serdadu Tridatu harus menghadapi wakil Liga Singapura, Tampines Rovers. Laga itu dijadwalkan bergulir di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, 16 Januari 2018.

Apabila berhasil melewati hadangan Tampines Rovers, pasukan Widodo Cahyono Putro itu sudah ditunggu wakil Thailand, Chiangrai United. Namun pertandingan tersebut hanya digelar satu kali di Stadion Singha, Thailand, pada 23 Januari 2018.

Selanjutnya pemenang di babak kualifikasi play-off kedua sudah ditunggu klub tangguh asal China, Shanghai SIPG pada babak play-off yang akan dihelat pada tanggal 30 Januari 2018. Pertandingan juga hanya digelar satu kali di Stadion Shanghai.

Andai Bali United berhasil melewati Chiangrai United dan Shanghai SIPG. Irfan Bachdim dan kawan-kawan sudah ditunggu ditunggu wakil dari Jepang, Korea Selatan, dan Australia di grup F.

Di grup F Liga Champions Asia 2018 sudah menanti klub juara Liga Jepang 2017 Kawasaki Frontale. Selain itu ada juga wakil Australia Melbourne Victory, serta wakil Korea Selatan, Ulsan Hyundai yang merupakan juara Liga Champions Asia pada tahun 2012 silam.