PSSI Bantah Cegah Evan Dimas-Ilham Udin Bermain di Luar Negeri

PSSI akui adanya pertemuan dengan perwakilan pemain dari Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn. Perpindahan keduanya dari Bhayangkara FC ke Selangor FA membuat Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi keluarkan pernyataan kontroversial.

Edy Rahmayadi sempat mengatakan bahwa pemain yang bermain di luar negeri, khususnya Malaysia tak punya jiwa nasionalis. Pernyataan tersebut pun membuat Muliawan Munial yang mewakili kedua pemain dan PSSI saling bertemu.

“Inti dari pertemuan tadi (dengan Muliawan) PSSI tidak pernah melarang apalagi mempertanyakan jiwa nasionalisme pemain, yang harus digaris bawahi adalah kesadaran untuk berkoordinasi,” ujar Sekjen PSSI Ratu Tisha saat ditemui oleh pewarta di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Ratu Tisha pun menegaskan PSSI tak melarang pemain untuk berkarier di luar negeri. Ia hanya menginginkan adanya koordinasi pemain dengan PSSI jika ingin berkiprah di luar Indonesia.

“PSSI tidak melarang. Contoh Ryuji (Utomo) ke Thailand, kita tidak konsen ke sana karena dia sudah berkoordinasi dengan kita. Kepentingan federasi adalah kepentingan negara, karena kepentingan negara juga kepentingan masyarakat Indonesia, karena ini menjawab tantangn publik,” imbuhnya.

PSSI pun menjabarkan bahwa ada program 2018 yang harus dijalani untuk Timnas Indlonesia. Terlebih ada Asian Games 2018 yang menjadi target utama.

“Tahun 2018 spesial, karena ada Asian Games. PSSI banyak program akselerasi untuk persiapan. Ada kombinasi antara kompetisi dan training camp yang sudah disusun oleh tim kepelatihan PSSI,” tandasnya.

Kedua pihak akan kembali bertemu dalam waktu dekat ini. Baik PSSI dan perwakilan pemain akan mencari solusi terbaik agar bisa mensinkronisasi jadwal klub dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia.

loading...