Rochi Putiray Kritik Pemain Timnas Indonesia Zaman Now

Mantan striker Timnas Indonesia, Rochi Putiray, kembali melontarkan kritikan terhadap skuad Merah Putih “zaman now” di bawah asuhan pelatih Luis Milla Aspas. Menurut Rochi Putiray, pemain Timnas Indonesia saat ini tidak sepenuh hati dalam bermain bola. Motivasi para pesepakbola di zaman sekarang lebih karena uang.

“Dulu banyak atlet dari orang tidak mampu, sekarang kebanyakan atlet dari orang tua yang mampu,” sebut Rochy Putiray beberapa waktu lalu.

“Jadi karena zaman sekarang begitu, zaman orang tua mampu jadi bukan prestasi yang didapat. Orientasinya uang? Iya. Karena sekarang semua cabang terutama sepakbola itu berasal dari orang tua yang mampu kok bukan yang tidak mampu,” lanjutnya.

Rochi Putiray yang merupakan punggawa Timnas Indonesia era 1991-2004 menambahkan bahwa para pesepakbola di tanah air sekarang kurang memiliki semangat juang, termasuk saat membela tim nasional.

“Ya, sebenarnya kalau banyak bonus itu tidak salah karena memang itu kerja keras, dari hasil jerih payah pada saat latihan yang didapat sebagai atlet. Tapi kalau atlet sekarang berasal dari orang tua yang mampu, namun tak punya semangat juang, untuk apa?” cibirnya.

“Kalau dari angkatan saya, memang bukan dari kalangan tidak mampu. Tapi kami dari kampung tapi ingin mengejar prestasi. Kalau sekarang kan orang kota yang banyak. Saya pikir masalah dedikasi yang kuat,” imbuh Rochi Putiray.

“Semua cabang harus lebih selektif. Jangan lihat orang tuanya mampu tapi anaknya mampu,” tutup mantan pesepakbola yang pernah berkiprah di Liga Hongkong dan sempat mencetak gol ke gawang AC Milan dalam sebuah pertandingan persahabatan ini.