Pelatih Asing Kembali Serbu Liga 1 2018

Liga 1 2018 selain panas soal persaingan klub, juga berbicara pada adu juru taktik. Sejumlah klub kembali memercayakan timnya dikomandoi oleh pelatih asing.

Ada yang berhasil, tak sedikit pula tak sesuai ekspetasi. Hadirnya pelatih asing sebenarnya cukup bagus juga buat sepak bola Indonesia.

Sebab, mereka pasti bakal menularkan ilmu kepada para pemain. Tercatat, ada 8 pelatih asing yang coba peruntungannya musim depan.

Enam di antaranya merupakan juru taktik yang dipertahankan musim lalu, yakni Simon McMenemy, Robert Rene Alberts, Stefano Cugurra Teco, Gomez de Oliveira, Jacksen F Tiago, dan Angel Alfredo Vera.

Sedangkan, dua lainnya merupakan muka baru, yakni Peter Butler dan Mario Gomez. Khusus Butler, dia pernah tangan Persiba Balikpapan sebelumnya.

Kualitas para pelatih asing memang cukup mumpuni. Selain Simon yang bawa Bhayangkara FC juara, tercatat pada lima besar Liga 1 2017, hanya Bali United yang dikomandoi juru taktik lokal, yakni Widodo C Putro.

Belum lagi kualitas dari Angel Alfredo Vera. Pelatih asal Argentina itu berhasil bawa Persebaya Surabaya menembus Liga 1 2018. PAtut diingat, Vera juga pernah sukses juara ISC A 2016 lalu bersama Persipura.

Jelas yang patut dinantikan kiprahnya musim depan adalah Mario Gomez. Baru kali ini di Indonesia, Gomez punya pengalaman segudang.

Pelatih asal Mar Del Plata, Argentina itu sudah kantongi empat piala dalam karier kepelatihannya, yakni Hong Kong Lunar New Year cup, Malaysia Super League, 2015 AFC Cup 2015, dan Malaysia Charity Shield 2016.

Namun demikian, Gomez juga terbentur rekor buruk pelatih asing di Persib. Dari semua pelatih import sejak era Marek Janota hingga tujuh juru taktik asing sebelum Gomez nyatanya tak ada satu-pun yang sukses meraih gelar juara.

Berikut Daftar Pelatih Liga 1:

Bhayangkara FC: Simon McMenemy
Bali United: Widodo C Putro
PSM Makassar: Robert Rene Alberts
Persija Jakarta: Stefano Cugurra Teco
Madura United: Gomez de Oliveira
Persipura Jayapura: Peter Butler
Barito Putera: Jacksen F Tiago
Borneo FC: Iwan Setiawan
Arema FC: Joko Susilo
Mitra Kukar: – (rumor Nilmaizar)
Sriwijaya FC: Rahmad Darmawan
PS TNI: Rudy Eka Priyambada
Persib Bandung: Roberto Carlos Mario Gomez
Persela Lamongan: Aji Santoso
Perseru Serui: Agus Yuwono
Persebaya Surabaya: Angel Alfredo Vera
PSMS Medan: Djadjang Nurdjaman
PSIS Semarang: Subangkit