Cerita Sopir Bus Persib yang Ditumpangi Presiden Jokowi

Ada yang beda dari penampilan Wawan Kuswandi. Bila sehari-hari selalu mengenakan pakaian ala ofisial PERSIB yang relatif santai, pada Senin 4 Desember 2017 siang, pengemudi bus Persib itu mengenakan batik coklat, plus peci yang menempel di kepalanya.

Maklum, penumpang bus Persib yang dikemudikan Wawan kali ini bukan hanya pemain dan ofisial tim. Tapi, ada Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo yang ingin menyusuri Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) dengan menggunakan bus PERSIB.

Meski harus tampil beda, Wawan mengaku sangat bangga bisa mengemudikan bus berpenumpang RI 1. Selain Presiden Jokowi, penumpang lain di dalam bus antara lain beberapa menteri Kabinet Kerja dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Ini merupakan kali pertama bagi pria berusia 53 tahun tersebut bertemu langsung dan berada satu bus bersama presiden ke-7 Republik Indonesia itu.

“Ini sebuah kebanggaan bagi saya. Pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya. Karena saya membawa rombongan Bapak Presiden,” ungkap Wawan dengan wajah semrigah. “Takkan terlupakan. Ini suatu kehormatan buat saya,” lanjut Wawan.

Wawan bercerita, sehari sebelummya, bus Persib harus menjalani prosedur pengecekan yang cukup ketat dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Republik Indonesia. Proses pengecekan tersebut terbilang alot, mengingat keamanan dan kenyamanan seorang presiden harus nomor satu.

“Kemarin malam sampai subuh bus ini diuji kelayakannya sama Paspampres. Tapi, alhamdulilah semua berjalan lancar. Bus ini lolos tes dan sangat layak untuk dinaiki oleh Bapak Presiden,” imbuhnya.*

loading...