Bandung, Kota Bersejarah Buat Persebaya

Kota Bandung boleh dibilang menjadi tempat bersejarah buat Persebaya Surabaya. Semua perjuangan pahlawan Bajul Ijo tergambar di kota ini.

Bukan hanya ramah untuk Bonek, Kota Kembang punya cerita tersendiri buat Persebaya. Setelah vakum beberapa tahun karena permasalahan internal, Bandung jadi saksi bisu kembalinya Bajul Ijo.

Tepat 9 Januari 2017 lalu, perjuangan berpeluh kesah bahkan darah itu terbayar lunas. PSSI melalui kongres tahunannya sepakat untuk mengembalikan hak Bajul Ijo.

Sejurus kemudian, Persebaya berkompetisi di Liga 2. Tak banyak awalnya yang memprediksi mereka banyak bicara.

Maklum, persiapan yang mepet kala itu jadi alasan. Namun, Persebaya justru melesat ke semifinal yang dimainkan di Bandung.

Lagi-lagi Bandung memberikan tuahnya. Persebaya sukses lolos ke final dan istimewanya juara di hadapan publik Kota Kembang.

Ada satu lagi yang melengkapi kesan kota Bandung yang bersejarah buat Bajul Ijo. Tepat pada 30 Juni 2009 kedua tim bertemu di babak play-off ISL untuk menentukan siapa yang layak tampil di ISL pada musim selanjutnya.

PSMS kala itu finis di posisi ke-15 klasemen akhir ISL sementara Persebaya berada di peringkat keempat Divisi Utama. Digelar di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, bentrokan keduanya dimenangkan Persebaya lewat drama adu penalti dengan skor 6-5 (1-1).

loading...