3 Klub Bersejarah Indonesia Promosi ke Liga 1, Ini Kata PSSI

PSSI menyambut hangat kembalinya tiga klub bersejarah Indonesia, Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang yang baru saja promosi ke kasta tertinggi sepak bola Tanah Air, Liga 1.

Persebaya keluar sebagai juara Liga 2 setelah mengalahkan PSMS dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Selasa (28/11/2017). Sedangkan PSIS promosi ke Liga 1 usai menyingkirkan Martapura dengan skor 6-4.

“Selamat kepada Persebaya, PSMS, dan PSIS atas kerja keras mereka selama semusim yang tidak mudah. Semua menyadari kompetisi ini sangat sukar, tapi respek yang tinggi kepada semua klub,” ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Bajul Ijo, sebutan Persebaya, merupakan juara Liga Perserikatan sebanyak enam kali. Mereka juga memenangkan dua gelar Liga Indonesia. Sedangkan PSMS pernah menjadi Liga Perserikatan sebanyak lima kali.

Sedangkan Mahesa Jenar, sebutan PSIS, yang merebut tiket terakhir ke Liga 1, pernah sekali menjuarai Liga Perserikatan. Tim besutan Subangkit itu pernah sekali menjuarai Piala Soeratin dan Divisi Utama Liga Indonesia.

Kehadiran ketiganya membuat PSSI optimistis kompetisi Liga 1 musim depan semakin sengit. Joko Driyono optimistis, rating Liga 1 bakal melonjak drastis musim depan.

“Semua orang punya penilaian, tiga klub yang promosi memiliki sejarah panjang di sepak bola negeri ini. Kita berharap kehadiran tiga klub yang baru pomosi ini memberikan nilai tinggi untuk Liga 1 2018 dalam hal kualitas kompetisi dan industri sepak bola,” ucap Joko Driyono.

“Dua hal itu membuat kita ingin Indonesia setelah melewati masa-masa sulit, 2018 dan seterusnya, ini menjadi tanda-tanda menggembirakan,” katanya.