Waketum PSSI Bicara soal Perkiraan Jadwal Liga 1 Musim 2018

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, sedikit membocorkan rencana tanggal bergulirnya kompetisi Liga 1 2018.

Pria yang akrab disapa Jokdri itu mengatakan, kompetisi Liga 1 2018 akan bergulir pada akhir Februari 2018.

Rencana itu sesuai dengan perhitungan yang dilakukan oleh PSSI.

Sebab, sebelum kompetisi Liga 1 2018 dimulai, akan ada beberapa ajang pramusim, seperti Piala Presiden, yang digelar pada Januari mendatang.

“Kick off Liga 1 diperkirakan akan jatuh pada tanggal 24 Februari 2018,” kata Joko.

Perkiraan tanggal tersebut bisa saja berubah sesuai dengan keputusan Kongres PSSI yang digelar pada 13 Januari mendatang di Jakarta.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, sempat mengatakan bahwa dalam Kongres PSSI nanti akan dibahas semua sistem kompetisi untuk musim 2018.

“Semua yang berbau dengan kompetisi akan dibahas pada Kongres PSSI tanggal 13 Januari 2018. Itu termasuk regulasi-regulasi untuk menyosong kompetisi musim depan,” kata Tisha kepada BolaSport.com beberapa waktu lalu.

“Rencananya memang pada akhir Februari untuk memulai kompetisi Liga 1 2018,” ucapnya.

Pada kompetisi Liga 1 2017, Bhayangkara FC keluar sebagai juara.

Tiga klub terbawah juga dipastikan terdegradasi untuk musim depan, yakni Persiba Balikpapan, Semen Padang, dan Persegres Gresik.

Sejauh ini, sudah ada dua klub Liga 2 yang promosi ke Liga 1 untuk musim 2018, yakni Persebaya Surabaya dan PSMS Medan.

Satu tiket akan diperebutkan oleh PSIS Semarang dan Martapura FC yang akan bertanding di perebutan peringkat ketiga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kabupaten Bandung, Selasa (28/11/2017).

Sementara itu, Persebaya akan bertemu PSMS untuk menentukan siapa yang terbaik di Liga 2 dalam laga final selepas pertandingan PSIS melawan Martapura FC di Stadion GBLA Bandung, Selasa (28/11/2017). (Mochamad Hary Prasetya)