Final PSMS vs Persebaya, Setelah 8 Tahun Bertemu Lagi di Bandung

Final kompetisi Liga 2 2018 mempertemukan PSMS Medan melawan Persebaya Surabaya. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (28/11/2017).

Buat kedua tim partai final nanti seolah tidak menentukan lagi. Sebab, misi utama untuk promosi ke Liga 1 sudah tercapai, setelah memenangi pertandingan semifinal. Persebaya mengalahkan Martapura FC dan PSMS melibas PSIS Semarang.

Tapi ada gengsi yang dipertaruhkan di final. Selain juga memperebutkan trofi juara sebagai lambang tim terbaik di kompetisi kasta kedua musim ini.

Final nanti juga seperti mengulang cerita 8 tahun lalu. Saat terakhir kali PSMS dan Persebaya bertemu dalam pertandingan resmi. Tempatnya juga di Bandung, tepatnya di Stadion Siliwangi.

Momen itu adalah pertandingan play-off promosi dan degradasi yang melibatkan PSMS sebagai peringkat 15 klasemen akhir ISL 2008/2009 melawan Persebaya yang merupakan peringkat keempat Divisi Utama 2008/2009.

Untuk memperebutkan 1 tiket bermain di kompetisi kasta tertinggi musim 2009/2010, PSMS dan Persebaya diwajibkan bentrok. Bertanding habis-habisan demi tempat terhormat.

Pertandingan yang berlangsung pada 30 Juni 2009 itupun berlangsung sengit. PSMS memimpin lebih dulu pada menit ke-32 lewat gol Leonardo Zada. Tapi Persebaya mampu menyamakan kedudukan melalui Jairon Feliciano pada menit ke-86.

Pertandingan lantas dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Dalam periode 2×15 menit perpanjangan waktu, skor tidak berubah. Tetap 1-1. Akhirnya drama 120 menit pertandingan itu harus dituntaskan dengan adu tendangan penalti.

Hasilnya Persebaya lebih dinaungi keberuntungan. Dari lima eksekutor hanya Batoum Roger yang tidak mampu mencetak gol. Sedangkan PSMS ada dua pemain yang gagal, yaitu Leonardo Zada dan Octavianus Maniani.

Dengan begitu Persebaya berhak promosi ke ISL 2009/2010. Sedangkan PSMS harus turun kasta ke Divisi Utama.

Kini PSMS dan Persebaya telah bergandengan tangan untuk promosi ke Liga 1 2018. Tinggal memperebutkan supremasi tim terbaik di Liga 2 2017.*

loading...

1 Comment

Comments are closed.