Belajar Jadi Pelatih Profesional, Firman Utina Membina Anak-anak

Langkah mengejutkan diambil oleh gelandang flamboyan Indonesia, Firman Utina. Bagaimana tidak, Firman memutuskan pensiun dari kancah sepakbola Indonesia.

Nama Firman Utina memang sudah tak asing bagi pecinta sepakbola tanah air. Berbagai klub top Indonesia pernah menjadi labuhannya. Tak hanya itu, ban kapten Timnas Indonesia pun sempat membalut di lengan kanan dirinya.

Namun kini Firman telah mengambil keputusan. Dia beralasan ingn fokus di pembinaan usia muda dan berambisi menjadi seorang pelatih.

“Saya tidak mau terlalu fokus terus di bermain bola. Karena saya juga harus belajar, bagaimana menjadi seorang pelatih,” ucap Firman, Minggu (26/11/17).

Namun Firman sadar bahwa menjadi seorang pelatih profesional tidaklah instan. Itupun menjadi alasan mantan pemain Persija Jakarta ini kini membina anak-anak usia dini.

“Jadi sebelum saya jadi pelatih profesional, saya harus belajar dulu membina anak-anak, sehingga saya dapat pengalaman dari bawah sampai ke atas,” jelas dia.

“Mudah-mudahan federasi sudah menghapuskan (regulasi pembatasan umur). Tapi saya merasa saatnya saya untuk membangun. Sudah saatnya saya membangun usia dini,” tutup dia.