RAHMAD DARMAWAN CUMA BUTUH 15 MENIT UNTUK BERSEPAKAT DENGAN SRIWIJAYA FC

Tak sulit bagi pelatih Rahmad Darmawan (RD) untuk menerima kembali tawaran guna melatih Sriwijaya FC (SFC). Hal itu diungkapkannya saat jumpa pers perkenalannya sebagai pelatih baru tim berjulukan Laskar Wong Kito itu di Griya Agung, Palembang, Jumat (24/11).

Seperti diketahui, pelatih yang baru saja memilih untuk tak memperpanjang kontraknya bersama klub Malaysia, T-Team FC, itu sedang diincar banyak klub. Selain SFC, RD juga diminati Persib Bandung.

“Yang mendasari saya kemudian memilih SFC sederhana sekali sebenarnya yaitu karena keseriusan dan pendekatan yang komprehensif. Kami hanya bertemu 15 menit, kemudian kami bicara, dan langsung mengambil kesepakatan. Itu terjadi beberapa hari yang lalu,” beber eks pelatih Persipura Jayapura dan Persija Jakarta itu.

Lebih lanjut, RD menuturkan klub asal Palembang itu juga memiliki fasilitas yang sangat baik dari sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan tim dalam berlatih maupun bertanding. “Karena salah satu syarat membuat tim yang baik dan ideal adalah ditunjang dengan sarana yang sangat memadai,” jelasnya.

Mantan pelatih timnas Indonesia itu pun mengungkapkan dalam tugasnya kali ini dia akan kembali memboyong staf pelatih yang membantunya di Malaysia. “Ada coach Rasiman yang akan menjadi tim analis saya, pelatih kiper Kurnia Sandy, serta ada coach Francis Wawengkang dan coach Heri Susilo,” tuturnya.

Di samping itu, RD juga tak terbebani dengan ekspektasi besar untuk membawa kembali SFC menjadi juara pada kompetisi musim depan. “Setiap pelatih yang bertugas menangani tim, siapapun dia harus mempunyai sebuah beban. Karena beban adalah motivasi untuk bekerja,” katanya.

“Sebenarnya saya disuruh bertahan di klub lama saya (T-Team FC), tapi lantaran klub itu hanya jadi feeder club dan bebannya buat saya tak sebesar yang saya mau. Sehingga saya mau untuk melatih SFC yang memberikan beban besar untuk saya,” tambah pelatih kelahiran Metro Lampung itu.

Di lain pihak, presiden klub SFC, Dodi Reza Alex, mengungkapkan RD dikontrak timnya dengan durasi dua tahun. Namun dia juga mengingatkan kepada suporter SFC untuk tak terlalu bereuforia dengan kedatangan RD beserta skuat bintang yang rencananya bakal didatangkan ke klub tersebut.

“Dalam penyusunan tim kami tidak akan intervensi, ini diserahkan sepenuhnya kepada pelatih. Manajemen akan memback-up dengan bujet yang diperlukan. Mudah-mudahan ini akan menjadi pembelian pemain yang tidak mengecewakan,” ujar Dodi.

“Tapi saya minta kepada seluruh masyarakat Sumatera Selatan jangan memberikan beban terlalu besar kepada coach dan tim. Yakin lah nanti di dalam pertandingan insya Allah tim ini akan padu dan memberikan yang terbaik.”

“Tapi jika ada dalam satu pertandingan awal ada kalanya tim kita ini mengalami kekalahan atau kurang maksimal, tetap beri semangat. Jangan kalau kalah diberikan hujatan, kalau menang dielu-elukan sampai langit ketujuh,” pungkasnya.

loading...