2 Pemain Veteran PSM Mulai Serius Meretas Mimpi Jadi Pelatih

Sadar kariernya di lapangan hijau tak lagi lama, dua pemain gaek PSM Makassar, Hamka Hamzah dan Zulkifli Syukur mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC. Pada 18-30 November 2017 kedua pemain yang kenyang pengalaman membela Timnas Indonesia berada di Sawangan, Depok, Sawangan, Depok, Jawa Barat, bersama sejumlah nama beken lainnya.

Kursus lisensi C AFC edisi kali ini tak hanya diikuti Hamka atau Zulkfli, tapi juga eks kiper Tim Merah-Putih, Jendri Pitoy dan Hermansyah. Tak terkecuali mantan arsitek PSM, Syamsuddin Umar.

Mereka menjalani rangkaian tes dan pelatihan di bawah bimbingan Mundari Karya, Bambang Nurdiansyah dan Emral Bin Bustaman.

“Kumpul bukan lagi sebagai pemain bola tetapi sebagai calon pelatih masa depan,” tulis Hamka di akun Instagramnya seraya memamerkan sesi kursus dengan menggunakan kamera video ponsel pada Minggu (19/11/2017).

Hamka yang kelahiran 29 Januari 1984 tersebut, belakangan mulai berfikir mempersiapkan profesi baru, buat berjaga-jaga jika dalam waktu dekat dirinya pensiun dari bermain bola. Rekan seangkatannya, Syamsul Chaeruddin, baru-baru ini mengumumkan gantung sepatu dari PSM Makassar.

Sementara itu, Zulkifli berencana serius mengikuti kursus kepelatihan. “Insya Allah saya akan ikut berjenjang levelnya nanti. Tapi untuk sekarang saya fokus dulu untuk C AFC ini, karena masih baru ikut saya harus bisa beradaptasi,”ujar mantan kapten Tim Merah-Putih di Piala AFF 2014 itu.

Belakangan, PSSI membuka lebar-lebar kesempatan kepada para pemain yang berstatus mantan Timnas Indonesia ikut kursus lisensi AFC. Ponaryo Astaman, salah satu sosok yang amat serius mengikuti kursus secara berjenjang. “Jika lancar akhir bulan ini saya sudah bisa mengantungi lisensi kepelatihan level A AFC,” kata Ponaryo yang juga berstatus sebagai pemain PSM.

loading...