Kronologi Anggota The Jak Yang Tewas Karena Dikeroyok Viking

Pihak Kepolisian terus mengusut kasus tewasnya anggota The Jakmania, kelompok suporter Persija Jakarta, wilayah Cikarang yang bernama Rizal Yanwar Saputra. Enam tersangka pun sudah ditetapkan oleh pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Cikarang.

Disebutkan, enam tersangka tersebut adalah anggota Viking Persib Club yang merupakan salah satu kelompok suporter Persib Bandung. Empat di antaranya sudah berhasil ditangkap yaitu AN alias KL (34 tahun), AS alias PC (22 tahun), TT (22 tahun), dan TH alias KR (27 tahun). Sedangkan yang masih menjadi buronan adalah RL yang merupakan Korlap Viking Pelaukan, dan AR yang merupakan Korlap Viking Tanggul.

Dalam rilis resminya, pihak Polsek Cikarang mengungkapkan tersangka secara bersama-sama melakukan pengeroyokan terhadap korban dengan menggunakan tangan kosong dan alat bantu berupa senjata tajam jenis golok dan balok kayu. Barang bukti yang berhasil diamankan adalah satu buah Kujang, satu buah balok kayu, dan satu batang besi dengan panjang sekitar 70 centimeter.

Dalam keterangannya, korban dikeroyok di Jalan Raya Pilar Sukatani Gang Kawi Kampung Sukamantri, Desa Sukaraya, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Senin (13/11), pada pukul 00.15 WIB.

Polisi membeberkan, kronologisnya berawal pada hari Minggu (12/11) pukul 21.00 WIB, RL selaku korlap Viking Tanggul menyuruh anggota kelompok Viking kumpul di tanggul Kampung Pelaukan Desa Sukaraya untuk mencegat suporter The Jakmania.

“Setelah itu, kelompok Viking berjalan menuju Tugu perbatasan Desa Karang Asih dengan Desa Sukaraya. Namun aksi kelompok Viking dibubarkan warga dan pihak Kepolisian sektor Cikarang, sehingga kelompok Viking pindah ke Gang Kawi,” tulis Polsek Cikarang, dalam rilis resmi mereka.

“Selanjutnya, tersangka saudara RL (DPO) dan saudara BDG (DPO) menyamar sebagai kelompok The Jak dengan memakai kostum The Jak dengan menggunakan sepeda motor, menuju Pilar untuk memantau rombongan The Jak. Setelah dapat target (korban) yang menggunakan sepeda motor diikuti oleh tersangka RL dan BDG dan saat melintas di tempat kejadian perkara, tersangka BDG teriak ‘Ni…Ni…The Jak’ sehingga kelompok Viking yang sudah menunggu langsung diadang.”

“Tersangka MB membacok korban yang melintas di jalan sehingga terjatuh kemudian para tersangka yang lain melakukan pengeroyokan hingga korban tidak berdaya dengan kondisi terkapar dengan berlumuran darah. Lalu para tersangka membubarkan diri. Tidak lama kemudian, datang pihak Kepolisian yang melakukan pengawalan kelompok The Jak melihat korban tergeletak di jalanan langsung membawa ke Rumah Sakit Bakti Husada. Namun korban dinyatakan meninggal dunia,” tutupnya.

Rizal diketahui sedang dalam perjalanan pulang, setelah menyaksikan laga antara Bhayangkara FC kontra Persija Jakarta di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (12/11) malam. Pada laga itu, Persija menang dengan skor 2-1.