Marwal Iskandar Koleksi Ratusan Jersey

Nama Marwal Iskandar tentu tidak asing di kalangan pencinta bola saat ini. Dia lama malang melintang di sepak bola nasional. Marwal pernah membela lima klub besar tanah air, yakni Persebaya Surabaya, PSM Makassar, PSMS Medan, Persija Jakarta, dan Persib Bandung.

Selain itu, Marwal pernah bermain di beberapa klub lain seperti Deltras Sidoarjo, Persikota Tangerang, Perseden Denpasar, dan Persikab Kabupaten Bandung. Total, ada 18 klub yang diperkuat Marwal sepanjang karirnya. ’’Tapi, banyak yang tidak percaya bahwa saya adalah pemain bola. Tubuh kecil dan hitam kali ya alasannya. Tidak seperti pemain sekarang, besar dan tampan-tampan,’’ katanya, lantas tertawa.

Namun, Marwal tidak khawatir dengan banyaknya keraguan tersebut. Dia punya bukti buat banyak anak muda jaman now yang tidak percaya dulu dirinya berposisi gelandang. ’’Saya punya lebih dari 800 kliping koran dan foto saat menjadi pemain bola. Ada juga 600 jersey yang dulu saya pakai,’’ terangnya.

Dia sengaja mengumpulkan segala hal yang berhubungan dengan karir sepak bolanya tersebut. Hal itu dilakukan sejak Marwal menjadi pemain sepak bola hingga saat ini menjabat asisten pelatih PSPS Riau. ’’Saya dulu mikir buat kenang-kenangan anak dan cucu nanti. Biar tahu bahwa bapaknya adalah pemain bola top,’’ ungkapnya.

Rencananya, dia terus mengumpulkan kliping koran, foto, hingga jersey tersebut sampai akhir karirnya sebagai pelatih. Dia memimpikan bisa membangun museum khusus untuk karirnya. ’’Sebab, saya bangga bisa hidup di sepak bola,’’ ujarnya.

loading...