Akademi Bina Sentra Cirebon Siap Diperkenalkan

by in Berita Lain // 0 Comments

Harapan masyarakat Cirebon, Jawa Barat untuk memiliki akademi sepak bola modern bakal segera terwujud.

Akademi sepak bola yang diberi nama Akademi Bina Sentra Cirebon tersebut akan diluncurkan secara nasional pada November mendatang.

Kabar gembira tersebut disampaikan pendiri Bina Sentra Cirebon, Subagja Suihan dalam acara penyambutan Tim Blispi Bina Sentra Cirebon U12 di Aula Hotel Mega Anggrek, Jakarta, Jumat (10/11/2017), yang turut dihadiri Dusan Bogdanovic agen bintang muda, Egy Maulana Vikri.

Tim Blispi Bina Sentra Cirebon baru saja kembali ke Tanah Air usai mengikuti kejuaraan sepak bola usia muda internasional Singa Cup 2017, yang berlangsung di Singapura, 6-10 November. Dalam debut internasionalnya, Tim besutan Nasuka dan asisten pelatih Ridwan berhasil menempati peringkat ketiga.

“Saya senang dan bangga atas prestasi yang kalian raih di Singa Cup 2017. Walau tidak ditarget tetapi kalian berhasil menempati peringkat ketiga,” ungkap Subagja.

Di hadapan para orang tua pemain, Subagja mengungkapkan rencananya untuk menjadikan Bina Sentra sebagai akademi sepak bola. Dijelaskan, tujuan dari mendirikan Akademi Bina Sentra agar proses pembinaan sepak bola usia dini dan usia muda dapat dijalankan dengan metode pelatihan modern yang terencana dan terukur.

“Jadi untuk pelatih pun harus memenuhi kualifikasi. Harus yang sudah mengantongi lisensi. Metode pelatihan yang akan diterapkan juga akan mengacu pada metode pelatihan sesuai standar FIFA. Agar pembinaan berjalan maksimal kualitas lapangan juga akan kita tingkatkan,” paparnya.

Subagja telah menunjuk Nasuka yang telah mengantongi lisensi C AFC sebagai pelatih kepala. Dibantu oleh asisten pelatih kepala Ridwan dan tiga lain yakni Budiyanto, Hamid dan Furqon yang dalam waktu dekat akan mengikuti kursus pelatih lisensi D Nasional di Medan, Sumut.

“Selain itu, anak-anak di semua lapis usia secara intens akan kita ikutsertakan pada kejuaraan nasional dan internasional,” kata pria yang belum lama ini mendapat penghargaan Golden Award SIWO PWI Pusat untuk kategori Pembina Sepak Bola Usia Dini dan Usia Muda Terbaik.

Sederhananya kata Subagja, Akademi Bina Sentra akan dikelola secara profesional. Bagi para siswa akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 700 ribu atau lebih.

“Pembayaran pendafataran sebesar Rp 700 ribu itu sekali seumur hidup. Artinya para siswa hanya sekali membayar. Dari bayaran tersebut mereka akan mendapatkan seragam. Selain itu, kami minta partisipasi orang tua untuk membayar iuran setiap bulan. Besarannya bisa Rp 100 ribu atau Rp 150 ribu per bulan. Kami tidak mau seperti yang lain yang membebani orangtua siswa. Bahkan sampai ada yang harus membayar sebesar Rp 4 juta untuk iuran latihan perbulan,” tuturnya.

Subagja memastikan selain biaya pendaftaran di awal dan iuran tiap bulan, Akademi Bina Sentra tidak akan memungut biaya lainnya. Baik untuk kebutuhan melakukan lawatan pertandingan ke luar daerah ataupun untuk keperluan mengikuti kejuaraan internasional.

“Jadi ga perlu kasak-kusuk patungannya berapa? Tugas anak-anak adalah berlatih. Soal keberangkatan urusan dan tanggungjawab manajemen,” tandasnya.

“Kalau ke luar negeri tidak mikir-mikir lagi. Kalau tim lain dimintai 3 sampai 7 juta per pemain. Ini pasti memberatkan orang tua. Tetapi namanya untuk anak pasti diada-adain,” jelasnya.

Subagja menegaskan kalau di Akademi Bina Sentra tidak akan ada pungutan-pungutan yang memberatkan siswa.

“Yang penting anak-anak latihan sungguh-sungguh. Kemana-mana tidak usah patungan. Apalagi sekarang kita sudah memiliki dua kendaraan operasional tim. Satu kapasitas 25 orang dan satu lagi muat 40 orang,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dusan Bogdanovic yang telah menjalin kontrak menjadi agen dari Egy Maulana Vikrimenyatakan siap membantu Akademi Bina Sentra.

“Saya bersama dengan tim agensi dari Eropa siap membantu rencana Pak Subagja untuk mendirikan Akademi Bina Sentra di Cirebon. Saya yakin, banyak bibit-bibit pemain berbakat di Cirebon,” kata pria asal Serbia yang kini menetap di Kroasia ini.

Dusan berjanji bersama timnya akan mendatangkan pelatih-pelatih berkualitas dari Eropa untuk membantu para pelatih dan pemain di Akademi Bina Sentra. Tidak tertutup kemungkinan pihaknya akan memberikan bea siswa kepada anak-anak yang dinilai berbakat.

“Kami juga akan memberikan bantuan bola dan sejumlah perlengkapan lain agar anak-anak semakin bersemangat berlatih. Sehingga nantinya muncul Egy-egy yang baru dari Cirebon,” tutur Dusan.

Dusan berpesan kepada anak-anak Blispi Bina Sentra Cirebon FC U12 yang baru kembali dari Singa Cup. Untuk bisa menyelaraskan antara tugas dan tanggungjawab sebagai siswa di sekolah dan pemain di akademi.

“Sayangi keluarga. Hormati orang tua, pelatih dan wasit. Jangan berkelahi dengan pemain lawan. Cintailah sepak bola. Untuk sekarang ini jangan pikir harus juara. Nikmati permainan dengan gembira,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Dusan berjanji akan membawa Tim Blispi Bina Sentra FC U12 untuk mengikuti sebuah turnamen di Italia pada Mei 2018 yang akan datang.

“Selama di Italia nanti, selain ikur turnamen kalian juga akan saya bawa turing ke stadion-stadion besar di sana. Jika memungkinkan kita akan sama-sama menyaksikan salah satu pertadingan Liga Italia,” tuturnya.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


[X] close