Juara Liga U-19, pelatih Persipura U-19 sindir Indra Sjafri

by in Sepakbola Amatir // 0 Comments

Kegagalan tim nasional (timnas) U-19 Indonesia pada dua ajang yakni Piala AFF U-18 dan Kualifikasi Piala Asia U-19 disoroti pelatih Persipura Jayapura U-19, Abdul Manaf. Salah satunya, tidak ada satu pun anak Papua di skuat Garuda Nusantara (julukan Indonesia U-19).

Manaf sendiri baru saja membawa Persipura U-19 menjadi juara kompetisi Liga 1 U-19. Di partai final, Mutiara Hitam Muda berhasil mengalahkan Persib Bandung U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (7/11/2017), dengan skor 1-0.

Menurut Manaf, kesuksesan timnya menjadi bukti bahwa pemain Papua tak kalah kualitas dari pemain-pemain di daerah lain. Namun, dia heran tak ada satu pun pemain Papua yang masuk ke dalam skuat timnas U-19 besutan Indra Sjafri.

Apalagi sejak menangani timnas U-19 di era Evan Dimas, Indra memang tidak pernah memasukkan pemain asal Papua dalam skuatnya. Hanya Yanto Basna dan Terens Puhiri yang sempat diseleksi, namun keduanya dicoret.

Hal itulah yang dipertanyakan Manaf. Ditambah lagi, skuat Garuda Nusantara yang disematkan ke timnas U-19 tak sesuai dengan artinya lantaran tak ada pemain asal Papua.

“Masalah pemain timnas U-19 itu, saya sudah sampaikan kepada Indra Sjafri waktu saya di Jakarta. Saya sudah sampaikan bahwa timnas itu bukan timnas, itu tim Jawa, karena tidak ada anak Papua di dalam,” ujar Manaf.

Manaf menambahkan, dirinya juga kecewa terhadap Indra. Sebab meski pelatih berusia 54 tahun itu sempat blusukan ke berbagai daerah di tanah air, namun di Papua Indra justru absen.

“Waktu seleksi di Jayapura itu Pak Indra cuma perwakilan, bukan turun sendiri. Kami terus terang saja kecewa memang di Jayapura waktu itu karena talenta-talenta di Papua itu banyak. Itu masalahnya dan kunci kelemahan PSSI ada di situ kalau mau terus terang,” tuturnya.

“Kami dari Jayapura khususnya di Persipura kecewa dengan ini. Saya sendiri waktu seleksi ada di Mandala, cuma pak Indra diwakili. Itu masalah besar, itu catatan sebenarnya kalau kami mau bicara jujur,” tandas Manaf (fit/dzi)

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


[X] close