Stefano Teco Puji Dukungan dan Loyalitas Jakmania

 Persija Jakarta meraih kemenangan 1-0 atas rival berat mereka, Persib Bandung pada laga pekan ke-33 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (3/11/2017). Gol tunggal kemenangan tim Macan Kemayoran dicetak striker Bruno Lopes lewat titik putih, menit-75.

Laga klasik itu tak tuntas setelah Persib memutuskan mogok dan mundur dari pertandingan, menit ke-82. Sebelum itu, bek Persib Bandung, Vladimir Vujovic, mendapatkan kartu merah dari wasit asal Australia, Evans Shaun Robert.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, mempersembahkan kemenangan itu untuk pendukung setia, The Jakmania. Sekitar 17 ribu Jakmania memang hadir langsung di stadion markas klub Persis Solo itu. Mereka menggunakan puluhan bus dan datang dari berbagai wilayah baik Jabodetabek, Jawa Barat, maupun Jawa Tengah.

“Kami persembahkan kemenangan untuk Jakmania. Mereka luar biasa menempuh perjalanan 10-12 jam dari Jakarta ke Solo untuk mendukung kami,” kata Teco.

Menurut Teco, kehadiran ribuan Jakmania mampu memompa semangat dan motivasi Bambang Pamungkas dkk. sepanjang pertandingan. Apalagi Jakmania terus bernyanyi dan memberikan dukungan meski hujan deras sempat mengguyur sepanjang babak pertama.

“Saya salut dengan Jakmania yang tertib di dalam stadion. Mereka tidak membuat keributan dan terus memberikan dukungan untuk kami,” puji pelatih asal Brasil itu.

The Jakmania juga tidak terpancing melakukan hal negatif meski pertandingan Persija versus Persib berjalan panas dan berujung sikap tim Maung Bandung yang memilih tak melanjutkan pertandingan. Kendati, pada laga ini memang tak ada suporter tim lawan yang menyaksikan secara langsung di Stadion Manahan.