Semen Padang Berharap Wasit Adil Pimpin Laga Pamungkas

PSSI berencana menurunkan empat orang wasit asing saat memimpin pertandingan penting pada laga pamungkas Liga 1 bagi tim-tim yang berpotensi tampil sebagai juara. Hal ini dilakukan guna menjaga profesionalisme kompetisi.

Hanya, PSSI juga harus memberikan perhatian sama kepada dua tim yang saat ini bersaing menghindari zona degradasi. Seperti diketahui, saat ini Semen Padang dan Perseru Serui merupakan dua kandidat kuat turun kasta ke Liga 2 musim kompetisi mendatang.

Menurut manajer Semen Padang, Win Bernadino, tak ada salahnya juga PSSI menurunkan wasit asing pada pertandingan penting dalam penentuan tim yang bakal terdegradasi.

Meski begitu, hal itu menurut Win bukan sebuah keharusan. Baginya, wasit lokal pun tidak masalah asalkan selama ini dinilai memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang wasit lokal lain.

“Kalau bisa wasit asing kami sangat bersyukur. Namun, bagi Semen Padang sebenarnya wasit yang berkualitas jauh lebih penting. Kami tahu masih banyak wasit lokal yang memiliki kualitas dan kemampuan yang sama dengan wasit asing yang telah bertugas selama Liga 1,” tutur Win, Selasa (31/10/2017).

Menurut Win, wasit yang berkualitas itu adalah pemimpin pertandingan yang memiliki integritas dan mampu memutuskan segala sesuatu berdasarkan data dan fakta di lapangan.

“Wasit asing mungkin secara integritas bagus, tapi perlu dipastikan dulu kualitasnya. Begitu pula dengan wasit lokal. Yang dibutuhkan masing-masing tim pada laga pamungkas nanti bukanlah bagaimana wasit berpihak kepada mereka, namun bagaimana wasit bekerja sesuai aturan dan keputusannya memang berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan,” ulasnya.

Manajer berkacamata itu mengakui keputusan wasit kadang salah karena beberapa pertimbangan seperti tidak berada di dekat kejadian atau masalah nonteknis lain. Namun, menurutnya wasit yang bagus itu adalah wasit yang bisa meminimalisasi kesalahan saat memimpin pertandingan.

“Kami hanya berharap wasit fair dan bijak dalam memimpin dua pertandingan sisa Semen Padang yang merupakan momen penentuan bagi kami, apakah tetap bertahan di Liga 1 atau sebaliknya,” kata Win Bernadino.

Tim Kabau Sirah saat ini bertengger di peringkat ke-15 klasemen sementara atau tepatnya satu setrip di atas Perseru, yang kini berada di zona degradasi.

Semen Padang masih menyisakan dua pertandingan masing-masing melakoni laga tandang ke markas Arema FC, Sabtu (4/11/2017), dan bermain di kandang pada laga pamungkas menjamu PS TNI, Minggu (12/11/2017).

loading...