Selalu Akur, Jakmania Tetap Kulonuwun ke Pasoepati dan Warga Solo

 Persija Jakarta akan menjamu Persib Bandung pada lanjutan pekan ke-33 Liga 1 2017 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (3/11/2017). Kota Solo selama ini sudah dianggap sebagai rumah kedua tim Macan Kemayoran.

Dalam beberapa tahun terakhir, Persija memang sering bermain di markas klub Persis Solo itu. Jadi, baik tim Persija maupun kelompok suporter mereka, The Jakmania, sudah tak asing dengan Kota Solo terutama dengan Stadion Manahan.

Meski begitu, Jakmania tetap berusaha untuk berlaku sopan sebagai tamu. Ketua Umum Jakmania, Ferry Indra Syarief, mengaku sengaja datang lebih awal ke Kota Solo untuk lebih dulu bertemu dengan Pasoepati, selaku kelompok suporter di Kota Solo.

“Kenapa saya datang lebih dulu karena ingin kulonuwun dulu dengan Pasoepati. Walau sering bermain di Solo dan dibilang kandang kedua Persija, kami tetap permisi terlebih dahulu dengan yang punya rumah,” kata Ferry, Rabu (1/11/2017).

Ferry menjelaskan pihaknya memang sudah berkomunikasi secara intensif dengan pengurus Pasoepati, dalam hal ini Wakil Presiden, Ginda Ferachtriawan. Baik Pasoepati dan Jakmania juga menggelar pertemuan untuk saling berkoordinasi agar pertandingan berjalan kondusif dan lancar.

“Saya selalu bilang ke teman-teman, ketika masuk daerah orang lain, kami harus menyesuaikan diri yang punya rumah. Untuk itu, apapun keinginan Pasoepati dan rambu-rambu yang diberikan, kami harus manut agar semua berjalan lancar,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden DPP Pasoepati, Ginda Ferachtriawan, mengaku akan berusaha menjadi tuan rumah yang nyaman bagi puluhan ribu Jakmania yang akan hadir di Kota Solo. Apalagi selama ini hubungan dua suporter itu sangat harmonis.

“Kami tentu ingin membuktikan kembali bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi suporter. Pasoepati siap mendukung kelancaran jalannya pertandingan klasik tersebut,” kata Ginda.