PSSI Minta Timnas U-19 Tampil Habis-habisan di Korea

Timnas Indonesia U-19 terbang ke Korea Selatan, Sabtu (28/10/2017) malam, untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Skuat asuhan Indra Sjafri tergabung dalam grup F bersama tuan rumah Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Meski bertajuk kualifikasi, namun posisi Timnas U-19 memang tak menentukan lagi di babak itu. Sebab Timnas Garuda Jaya dipastikan lolos sebagai tuan rumah yang akan berlangsung tahun depan.

Namun, PSSI mewanti-wanti agat Egy Maulana Vikri dkk. tidak main-main menghadapi babak kualifikasi itu. Meskipun tidak berpengaruh apa-apa, namun ajang tersebut bisa menjadi sarana untuk uji kemampuan diri.

”Sekalipun tidak mempengaruhi posisi Indonesia karena tuan rumah, saya berharap anak-anak bisa menunjukkan pantas bersaing di Piala Asia U-19 nanti,” tegas Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Keseriusan sejatinya ditunjukkan Timnas U-19 untuk menghadapi babak kualifikasi. Mereka bahkan melakukan pemusatan latihan di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Pemilihan Lembang sebagai tempat pemusatan latihan agar skuat Garuda Nusantara dapat beradaptasi dengan cuaca dingin di Korea Selatan.

Menurutnya, babak tersebut sangat tepat untuk mematangkan permainan tim dan juga mengasah mental pemain. Apalagi Timnas U-19 bergabung dengan tim kuat, Korea Selatan. Disinggung soal target, Joko Driyono hanya berharap pemain bekerja keras.

”Dengan bergabung di grup yang tidak mudah, saya berharap bisa memberikan yang terbaik. Soal hasil akhir itu bonus dari kerja keras,” tukas pria asal Ngawi itu.

Di Negeri Gingseng, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Brunei Darussalam dalam laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 pada Selasa (31/10/2017). Selanjutnya Timor Leste, Korea Selatan, dan Malaysia akan menjadi lawan tim Garuda Nusantara pada 2, 4, dan 6 November 2017.