Langkah Persiter ke Final Piala Soeratin U-17 Munculkan 2 Gugatan

Prestasi Persiter Ternate lolos ke final Piala Soeratin U-17 2017 meninggalkan gugatan. Setidaknya ada dua tim yang menggunggat kiprah Persiter di Piala Soeratin tahun ini.

Dua tim itu adalah Tiga Naga dan Persita Tangerang. Tiga Naga adalah tim yang dikalahkan Persiter di perempat final, sedangkan Persita takluk di semifinal.

Di perempat final Persiter mengalahkan Tiga Naga Riau dengan skor 3-2, kemudian di semifinal pada Rabu 25 Oktober 2017, Persiter menekuk Persita dengan skor 2-1.

Tapi seperti diketahui kemenangan Persiter itu menuai gugatan dari Tiga Naga dan Persita. Gugatan dilayangkan kepada Panitia Disiplin Piala Soeratin U-17 2017 dan PSSI, terkait dugaan Persiter memakai pemain asli tapi palsu.

Pengertian asli tapi palsu adalah Persiter diduga mendaftarkan pemain memakai semua berkas yang sah dan valid, tetapi pemain yang diturunkan di lapangan dicurigai berbeda dari yang didaftarkan dan yang telah disahkan.

Dari sumber dalam Persiter yang namanya belum mau disebutkan,TopSkor.id mendapat keterangan bahwa ada 4 pemain yang pendaftarannya tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Namun dari 4 pemain itu baru 2 yang sudah ada bukti-buktinya.

“Pemain dengan nomor punggung 24 terdaftar dengan ijazah bernama Arip M Samsudin. Kelahiran Saria Jailolo Halbar Provinsi Maluku Utara, asal sekolah SMK Desa Banehena. Dengan posisi penyerang sayap. Diindikasikan dari kecocokan foto di akun facebook bernama Gunawan Ade dengan kelahiran pada tahun 1998,” kata sumber tersebut.

“Kemudian pemain dengan nomor punggung 13 terdaftar dengan ijazah bernama Munawar Idris. Dengan posisi penyerang. Diindikasikan dari kecocokan foto di akun facebook bernama Abjahan Idris, dengan kelahiran asli th 1998, lulusan SMK 2 Tidore, sumber itu, menambahkan.

Hingga berita ini diturunkan TopSkor.id, masih meminta kesediaan sumber tersebut untuk membuka jati dirinya. Namun sumber itu mengatakan masih dalam perjalanan pulang ke Ternate, setelah memutuskan pergi dari tim karena adanya tindak kecurangan tersebut.

Sementara kabar yang diterima TopSkor.id, saat ini gugatan yang dilayangan Tiga Naga Riau dan Persita Tangerang, sedang diproses panitia disiplin. Namun saat ini belum ada kabar bagaimana hasilnya.*