Lakoni Partai Perdana Piala AFF 2017, Timnas Futsal Indonesia Buta Kekuatan Filipina

Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia buta dengan lawan pertama yang akan mereka hadapi di Piala AFF 2017, yaitu Filipina. Meski demikian, anak asuh Victor Jacobus Hermans tersebut memilih untuk tidak ambil pusing.

Bambang Bayu Saptaji dan kolega akan berhadapan dengan Filipina pada partai perdana Grup A Piala AFF 2017 di Phu Thọ Indoor Stadium, Ho Chi Minh, Vietnam, Kamis (26/10/17). Partai tersebut akan jadi ujian berat untuk Skuar Garuda, julukan Timnas Futsal. Sebab, data dan rekaman pertandingan Filipina yang berhasil dihimpun tim kepelatihan sulit dijadikan rujukan karena materi lama.

“Sebenarnya kami sudah melihat rekaman permainan Filipina, tapi itu rekaman lama dua tahun lalu, jadi sulit dijadikan rujukan. Tapi itu tidak menjadi masalah, kami lebih fokus ke internal tim,” ujar asisten pelatih Timnas Futsal, Youri van der Toren dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

Timnas Futsal Indonesia Copyright: IstimewaTimnas Futsal Indonesia

Timnas Futsal saat ini telah berada di Vietnam untuk bersiap melakoni pertandingan pertama. Youri menjelaskan, anak asuhannya telah melakukan uji coba lapangan.

Youri mengakui, Timnas Futsal telah beradapatasi dengan Phu Thọ Indoor Stadium secara baik. Karakter lapangan hingga gedung yang menggunakan pendingin ruangan membuat pemain merasa nyaman.

Pelepasan Timnas Futsal. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTPelepasan Timnas Futsal.

Lebih lanjut, Youri menjelaskan ada sebuah kendala yang menimpa timnya. Yaitu, perbedaan suhu ruangan. Ketika menjalani pemusatan latihan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, lapangan tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan. Otomatis, pemain telah terbiasa dengan suhu yang cukup tinggi.

Namun, Youri yakin Skuat Garuda tidak terlalu terpengaruh oleh perbedaan suhu tersebut. Apalagi, dua hari berada di Vietnam sudah bisa dimanfaatkan pemain untuk segera menyatu dengan cuaca dan suhu di sana.

“Benar, tapi saya rasa itu tidak masalah. Terlebih dengan fasilitas bagus di sini, anak-anak juga terlihat nyaman. Mungkin nanti untuk pemanasan tim akan sedikit lama agar kondisi tubuh pemain optimal saat turun bermain,” pungkas Youri.

Piala AFF Futsal 2017 terbagi ke dalam dua grup. Secara keseluruhan, terdapat sembilan negara yang mengikuti turnamen ini. Dalam dua grup tersebut, satu di antaranya berisikan lima kesebelasan.
Pada Grup A, terdiri dari tuan rumah Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam, Filipina dan Timnas Futsal Indonesia. Sementara empat kesebelasan yang berada di Grup B diisi oleh Thailand, Malaysia, Timor Leste dan Laos.

liga88
loading...