Ini Alasan Timnas Indonesia U-16 dan U-19 Gelar TC Panjang

by in Tim Nasional // 0 Comments

Timnas Indonesia U-16 dan U-19 terus menggunakan skema pemusatan latihan jangka panjang. Masing-masing pelatih, Fachri Husaini dan Indra Sjafri, membeberkan alasannya.

Menurut kedua pelatih ini, salah satu tujuannya adalah mengakomodir pemain karena tidak ada kompetisi usia muda.

“Jika ada kompetisi yang menjamin anak-anak saya bisa bermain tiap minggunya, saya pastikan pemusatan latihan paling lama tiga sampai enam minggu,” ujar Indra Sjafri pada pada diskusi yang diselenggarakan PSSI Pers dengan tema Menuju Pentas Dunia, di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

“Ini saja pemain baru tiga hari saya lepas sudah ada yang pakai antinglah dan rambut dicat. Maka dari itu saya ingin menjaga mereka dengan terus menggelar TC panjang,” tambahnya.

Ia mencotohkan apa yang terjadi di angkatan Evan Dimas yang juga dilatih Indra Sjafri pada 2013. Menurutnya saat itu tak banyak nama yang jadi pemain utama di klub liga kasta tertinggi.

“Contoh kuartet Bali United Mohammad Dicky, Miftahul Hamdi, Yabes Roni, dan Ricky Fajrin saat di Bali United saya memberikan kesempatan mereka alhasil nama mereka dipanggil timnas padahal saat ditimnas U-19 mereka pilihan kedua saya,” tutupnya.

Problem sama juga diutarakan oleh Fachri Husaini yang menangani timnas U-16. Menurutnya para pemain tidak memiliki klub dan masih sekolah sehingga sebagian dari mereka dituntut banyak latihan sendiri.

“Jika itu tidak dilakukan saya kira akan dari awal lagi. Saya buat program mengingat problem kami lebih rumit, kebanyakan mereka juga masih sekolah,”

“Tapi jika anak-anak itu dapat jaminan terus latihan dan mendapatkan atmosfer pertandingan, saya jamin TC paling lama 12 minggu saja,” tutupnya.

loading...
[X] close