KENDALA INI BUAT BAMBANG PAMUNGKAS & CRISTIAN GONZALES BELUM AMBIL LISENSI PELATIH

Bambang Pamungkas dan Cristian Gonzales menjadi pemain yang masih aktif bermain sepakbola di usianya yang senja. Namun, mereka hingga kini belum mengambil lisensi pelatih sama sekali seperti para pesepakbola senior lainnya.

Tentu ini menimbulkan pertanyaan besar apakah mereka tidak mau menjadi seorang pelatih. Mengingat, sejumlah pemain gaek telah memiliki lisensi pelatih setelah mengikuti kursus.

Sebut saja Ismed Sofyan yang merupakan rekan satu angkatan Bambang di Persija Jakarta. Ismed saat ini sudah memiliki lisensi C AFC yang artinya telah dapat menahkodai tim muda klub profesional atau asisten pelatih divisi bawah.

Sedangkan Gonzales yang usianya sama seperti Kurniawan Dwi Yulianto yakni 41 tahun sudah memegang B AFC. Bahkan kini Kurniawan sedang berusaha mendapatkan lisensi A AFC.

“Kalau dari yang saya tahu pribadi, keinginan untuk arah ke sana dalam tanda kutip itu pelatih buat kedua orang ini memang ada. Tapi mungkin terkendala teknis, mungkin waktu mereka yang belum pas saja dengan adanya kursus-kursus kepelatihan ini,” kata Ponaryo Astaman kepada Goal Indonesia saat kursus lisensi A AFC di Sawangan beberapa waktu lalu.

“Tapi, secara pribadi mereka menyampaikan ingin untuk terlibat dalam kursus-kursus ini mungkin sedang mencari waktu yang tepat saja mencari kursus kepelatihan,” tambah pria yang sekarang membela Borneo FC.