Indra Sjafri Tak Akan Membongkar Komposisi Timnas Indonesia U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, tak berpikir untuk merombak Skuat Garuda Nusantara menjelang kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

Pelatih asal Sumatra Barat itu memperlihatkan komitmen itu lewat pemanggilan 24 pemain yang mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19 di Bekasi, yang dimulai Jumat (29/9/2017). Dari ke-24 pemain yang dipanggil, hanya ada perubahan di sektor penjaga gawang.

Indra Sjafri tidak lagi memanggil Muhammad Riyandi, yang masih cedera dan harus menjalani operasi. Otomatis hanya tinggal Aqil Savik dan Gianluca Pagliuca Rossy yang kembali dipanggil setelah masuk skuat di Piala AFF U-18 2017.

Namun, tak hanya dua penjaga gawang itu, Indra Sjafri juga memanggil Rakasurya Handika dari PPLP Jawa Tengah dan Adi Satrio dari Banten untuk ikut dalam pemusatan latihan. Raka pernah dipanggil mengikuti pemusatan latihan Tim Garuda Nusantara, sementara Adi Satrio untuk kali pertama mendapatkan panggilan.

Sementara untuk lini lain, Indra Sjafri mengindikasikan tak akan ada perubahan, setidaknya sampai kualifikasi Piala Asia U-19 2018 selesai digelar. Kedatangan Adi Satrio untuk pertama kali, disebut Indra Sjafri sebagai persiapan membentuk kerangka Timnas Indonesia U-19 periode selanjutnya.

“Tidak, saya tak akan melakukan perubahan lagi di semua lini. Semua pemain yang kemarin ikut di Piala AFF tetap menjadi bagian dari tim ini, kecuali Riyandi yang cedera,” ujar Indra.

“Raka sudah pernah saya panggil sebelumnya. Sementara yang baru hanya Adi, yang merupakan pemain kelahiran 2001. Ia dipanggil karena kami butuh pemain-pemain kelahiran 2001 ke atas yang nantinya akan jadi kerangka tim periode yang akan datang,” tutur mantan pelatih Bali United itu.

Egy Maulana Vikri dkk. menjalani fase kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Korea Selatan sebagai bagian persiapan perjuangan di putaran final Piala Asia U-19 2018 yang digelar di Indonesia.

Meski sebagai tim tuan rumah dan laga di kualifikasi Piala Asia U-19 2018 hanya bak formalitas, Timnas Indonesia U-19 siap berjuang maksimal demi mempersiapkan diri tampil di putaran final. Target empat besar demi menuju Piala Dunia U-20 sudah dipasang sejak jauh-jauh hari.