Ditahan PSM Makassar, Persipura Jayapura Urung Balas Dendam

Persipura Jayapura gagal membalas sakit hatinya kepada PSM Makassar di Liga 1. Tampil sebagai tuan rumah di stadion Mandala, Rabu (27/9/2017), Mutiara Hitam hanya bisa berbagi angka.

Persipura Jayapura sejatinya punya misi terselubung saat meladeni PSM pada partai ke-26 Liga 1 itu. Selain ingin kembali meraih angka penuh lantaran sebelumnya ditahan Barito Putera 1-1, armada Wanderley Junior juga bertekad membalaskan dendamnya pada Juku Eja.

Saat menyambangi stadion Andi Mattalatta Matoanging pada putaran pertama, Persipura Jayapura harus menanggung malu karena dipecundangi PSM 1-5. Sayang, misi Ian Kabes dkk urung terpenuhi lantaran duel berakhir 0-0.

Persipura Jayapura sebenarnya sudah berusaha menguasai jalannya pertandingan. Tapi, permainan terbuka yang dilancarkan PSM membuat tuan rumah sulit mendapat ruang. Ya, tim tamu berapa kali mengacam.

Tandukan Hamka Hamzah hampir saja berbuah gol bagi PSM pada menit ke-12. Namun, bola masih melebar dari gawang Persipura Jayapura. Setelah itu Ferdinand Sinaga melesakan tendangan keras di menit ke-29 yang masih bisa diblok kiper Jae-Hoon Yoo.

PSM kemudian mendapat tendangan bebas pada menit ke-32. Tapi, sepakan Zulham Zamrum selaku eksekutor juga bisa ditepis Jae-Hoon. Persipura Jayapura juga sempat memiliki peluang sebelum rehat.

Persipura Jayapura dihadiahi tendangan bebas di menit ke-42. Sialnya, upaya Ian Kabes masih melambung di atas gawang PSM yang dikawal Rivki Mokodompit. Alhasil, kedudukan tetap 0-0 hingga jeda.

Persipura Jayapura berusaha lebih menekan di babak kedua. Tapi, pelatih PSM Makassar Robert Alberts meresponnya dengan melakukan rotasi. Dia menarik Zulham dan memasukan Pavel Puryshkin di menit ke-61.

Meski demikian, upaya keduanya gagal membuahkan hasil dan hingga peluit panjang berbunyi kedudukan tetap 0-0. Imbasnya, rekor tiga kemenangan beruntun PSM harus berakhir. Hanya saja, Pasukan Ramang tetap belum terkalahkan selama sembilan partai berturut-turut.

Setidaknya hasil ini membuat PSM untuk sementara naik ke posisi tiga dengan 49 angka. Sedangkan bagi Persipura Jayapura, mereka masih berkutat di urutan lima dengan torehan 47 angka.

Duel Persipura Jayapura kontra PSM ini sempat dinodai oknum penonton yang melempar botol air mineral ke lapangan dan mengenai Ricardo Salampessy

Susunan pemain
Persipura Jayapura :
Yoo jae hon; Mauricio, Muhammad Taher, Ricardo Salampessy,Ruben sanadi,Yustinus Pae, Ian Kabes,Nelson Alom, Osvaldo Haay, Boas salosa , Addilson Alves.
Pelatih: Wanderley Junior

PSM Makassar:
Rivky Mokodompit: Zukifli Syukur, Steven Paulle, Hamka Hamzah, Reva Adi Utama; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; Titus Bonai, Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun.
Pelatih: Robert Alberts