Ini Alasan Presiden Joko Widodo Merestui Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Pemerintah Indonesia memastikan telah merestui pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia (PD) 2034. Hal itu diungkapkan kepala staf Kepresidenan Teten Masduki, kepada wartawan, Senin (25/9).

Menurut Teten, dukungan secara resmi itu diberikan setelah mendapatkan persetujuan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), yang sebelumnya mendapatkan permintaan dari Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) dan PSSI agar Indonesia menjadi tuan rumah PD 2034.

Surat resmi dukungan dari pemerintah itu sudah dikirimkan kepada Presiden AFF HRH Sultan Haji Ahmad Shah pada 22 September lalu. Dan menjadi bahan pertimbangan dalam Council Meeting AFF di Bali, beberapa waktu lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam Council Meeting tersebut, AFF sudah memutuskan untuk mendukung Indonesia dan Thailand menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2034. Proses pendaftarannya sendiri akan dilakukan maksimal pada 2026.

Sementara itu, ada beberapa alasan yang membuat Presiden Jokowi maupun Pemerintah Indonesia mendukung pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah ajang sepakbola tertinggi di dunia itu.

Di antaranya, dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 tak hanya memajukan industri sepakbola, tapi juga dapat meningkatkan popularitas pariwisata Indonesia.

Diharapkan juga, nantinya Indonesia tak hanya sukses sebagai penyelenggara, tapi juga dari segi prestasi. “Itu akan melecut kita untuk berbenah. Tanpa ada yang melecut begitu, kita tidak akan mungkin punya persiapan-persiapan yang lebih baik,” kata Teten.