Jelang Derby Kaltim, Persiba Bakal Rotasi Pemain

Persiba Balikpapan akan melakoni laga derby Kaltim, sua Borneo FC di Stadion Mulawarman, Bontang, Senin (25/9) besok.

Dalam laga klasik tersebut, tim pelatih Persiba berencana melakukan rotasi pemain.

Tak hanya mencari pengganti dua legiun asing yang absen, yakni Anmar Al Mubaraki dan Marlon da Silva. Mereka juga ingin memasukkan wajah baru sebagai penyegaran.

Diketahui, anak-anak Kota Beriman baru saja melewatkan pekan yang berat. Minggu lalu, mereka harus menjalani tur Papua, menantang Persipura Jayapura (17/9). Selang empat hari, langsung menjamu Semen Padang (21/9) di Stadion Batakan Balikpapan. Belum juga sempat berlatih normal, Bryan Cesar cs harus buru-buru bertolak ke Bontang lagi.

“Tentunya ada rotasi. Tapi, minimal kami menyiapkan pengganti Anmar dan Marlon yang harus menjalani akumulasi kartu kuning. Tapi maaf, saya tidak bisa membeberkannya. Itu menyangkut strategi yang akan saya tampilkan,” kata pelatih Persiba Haryadi, kemarin (23/9).

Melihat 18 pemain yang diboyong ke Bontang, ada beberapa nama yang layak menggantikan peran dua tenaga asing Beruang Madu julukan Persiba. Seperti Bijahil Chalwa, Sunarto, dan Hendri Satriadi. Ketiganya bisa dijadikan ujung tombak karena memiliki insting mencetak gol sama baiknya. Hendri dan Sunarto sama-sama mengemas satu gol, sementara Chalwa membukukan tiga gol.

“Saya pelatih yang selalu percaya penuh kepada pemain yang saya bawa dan pasang. Dan, saya bukan orang yang bergantung kepada satu nama. Jadi, siapa pun yang saya turunkan, saya pastikan dia yang terbaik untuk tim,” ungkap Haryadi.

Dia membeberkan, dalam beberapa laga terakhir, dirinya juga melakukan banyak rotasi. Salah satu yang mencolok adalah mencadangkan Sunarto. Namun, Haryadi memastikan langkah yang diambil sudah sesuai dengan kebutuhan tim. Dia juga memastikan pemain yang masuk starting line up dalam kondisi fit, alias siap tempur.

“Siapa yang kami pasang tentu juga melihat lawan. Karakter mereka seperti apa? Dari situ saya siapkan pemain terbaik untuk menghadapi mereka. Yang pasti, kami akan tampil dengan kekuatan terbaik,” tegasnya.

Terpisah, Sunarto mengaku, tidak keberatan jika dicadangkan. Sebab, dia menghargai keputusan tim pelatih. “Mereka yang paling paham strategi yang akan diterapkan. Jadi, saya biasa saja. Yang pasti, saya akan tetap berjuang maksimal supaya bisa kembali terpilih dan memberi kontribusi maksimal untuk tim,” ungkapnya. (ndu/is/k15)

loading...