Fachri Husaini Ungkap 2 Poin Penting Masa Depan Timnas U-16

Timnas Indonesia U-16 menyelesaikan Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 dengan baik. Setelah menyapu bersih empat laga di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018, Tim Garuda Asia akhirnya kembali pulang ke Tanah Air dengan penuh kebanggaan.

Dua poin penting pun diungkapkan oleh pelatih Fachri Husaini. Pelatih asal Lhokseumawe itu menegaskan, poin pertama yang akan dilakukannya dalam perjalanan menuju putaran final Piala Asia U-16 adalah dengan kembali melakukan evaluasi untuk menilai secara menyeluruh performa tim dalam empat laga Kualifikasi Piala Asia U-16 yang dilakukan di Bangkok.

“Tentu yang pertama adalah mengevaluasi penampilan dalam empat laga kemarin. Kami memenangi semua laga bukan berarti kami tidak membuat kesalahan. Ada hal-hal penting yang menurut kami harus segera dievaluasi, termasuk kedalaman skuat,” ujar Fachri Husaini kepada Bola.com saat Timnas Indonesia U-16 baru tiba di Tanah Air, Sabtu (23/9/2017) malam.

“Hasil dari evaluasi itu akan menentukan apakah seluruh pemain akan kami pertahankan atau ada yang kami kembalikan untuk bisa mengambil pemain baru. Namun, untuk pemain baru pun saya ingin mendapatkannya dari sumber yang jelas dan pasti karena saya yakin Indonesia ini sangat besar dari Sabang sampai Merauke. Masih banyak pemain potensial yang belum terpantau oleh saya,” lanjut Fachri Husaini.

Bicara evaluasi usai kualifikasi sebagai poin penting pertama, Fachri menyebut poin penting kedua ada di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar atau yang akrab disebut PPLP. Pelatih yang merupakan mantan pemain Timnas Indonesia itu berharap PPLP di seluruh Indonesia akan menjadi sumber pasokan pemain-pemain muda berbakat di Indonesia.

“Poin penting kedua adalah saya menaruh harapan besar kepada PPLP yang ada. PPLP sekarang juga menjadi sumber pemain bagi saya. Tentu nanti saya akan mencoba untuk berkoordinasi dengan pelatih-pelatih di PPLP agar bisa memberikan rekomendasi pemain kelahiran 2002 ke atas untuk memperkuat tim ini di Piala Asia nanti,” tegas Fachri.

Namun, untuk bisa mewujudkan semua rencana penting itu, Fachri Husaini menegaskan, “Perlu satu media, satu wadah, agar para pemain muda bisa memperlihatkan kemampuan mereka. Katakanlah saya berharap adanya sebuah kompetisi di level usia mereka. Tentu hal itu akan memudahkan saya untuk melakukan pemantauan pemain untuk Timnas Indonesia U-16 ini.”

loading...