Tanpa Tuan Rumah, Inilah Format Baru Piala AFF 2018

Penyelenggaraan Piala AFF 2018 dipastikan akan berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. Perubahan mayor yang terjadi terletak pada fase penyisihan grup, di mana sistem tuan rumah tidak lagi berlaku.

Pada awal tahun lalu, ditetapkan bahwa ada perubahan jumlah peserta di putaran final Piala AFF 2018 mendatang. Sebelumnya hanya ada 8 negara yang bermain di putaran final, sementara untuk tahun 2018 ini dipastikan ada 10 negara yang bermain di putaran final.

Buntut dari penambahan jumlah peserta tersebut adalah penghapusan sistem kualifikasi untuk bermain di putaran final. 9 Tim dengan peringkat tertinggi di AFF yaitu Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, Myanmar, Singapura, Kamboja dan Laos dipastikan langsung lolos ke putaran final AFF 2018 mendatang.

Sementara untuk 1 tiket yang tersisa akan diperebutkan oleh dua tim dengan ranking terendah di AFF, yaitu Timor Leste dan Brunnei Darussalam melalui partai playoff.

Selain penghapusan babak kualifikasi, perubahan juga terjadi di fase grup. Jika sebelumnya 10 finalis akan bertanding di Indonesia yang merupakan tuan rumah Piala AFF 2018, maka fase grup nanti akan menggunakan sistem kandang-tandang.

Tiap tim nantinya akan memainkan 2 partai kandang dan 2 partai tandang di fase grup, di mana penentuan kandang dan tandangnya akan ditentukan melalui undian. Sementara untuk fase knockout, dua tim terbaik masing-masing grup akan melaju ke semi final di mana tim-tim tersebut akan kembali memainkan format kandang-tandang.(bola/dub)

loading...