2 Eks Pemain Timnas Sepakat Tak Mau Terlalu Memuji Garuda Asia

Dua mantan pilar Timnas Indonesia, Nova Arianto dan Budi Sudarsono, seolah sepakat berharap agar publik Tanah Air tidak terlalu memuji Timnas Indonesia U-16 yang berhasil meraih tiket Piala Asia U-16 2018.

“Kita harus mengapresiasi kerja keras dan perjuangan pemain muda yang sukses menembus level Asia. Mereka juga wajar dapat pujian. Tapi, menurut saya sewajarnya saja karena pemain muda biasanya kurang siap mental bila dipuji berlebihan,” tutur Nova Arianto.

Mantan bek tengah Tim Garuda dan Persib Bandung ini menyarankan agar publik memberi dukungan moral, bila perjuangan anak asuh Fachri Husaini ini belum selesai.

“Tantangan di Piala Asia akan lebih berat karena kita belum bertemu dengan raksasa Asia seperti Jepang, Korsel, dan China. Belum lagi kekuatan dari Timur Tengah semisal Iran, Irak, dan Arab Saudi. Kita harus pompa motivasi Timnas U-16 secara positif,” kata Nova.

Sementara Budi Sudarsono lebih menyoroti kesuburan Timnas Indonesia U-16 yang mampu mencetak 25 gol dan hanya sekali kebobolan.

“Jika melihat produktivitas gol Timnas U-19 dan U-16, saya optimistis Indonesia akan punya penyerang andal masa depan. Berikutnya, bagaimana spirit calon pilar Indonesia itu bisa terus berkembang untuk timnas senior,” ujar Budi Sudarsono.

Pemain berjulukan Si Piton ini berharap masyarakat memberikan apresiasi secara normal saja pada Timnas Indonesia U-16. “Kita bisa mencetak banyak gol karena lawan yang dihadapi lemah. Tanpa meremehkan prestasi adik-adik, saya hanya ingatkan kesuksesan di kualifikasi ini tak membuat mereka terlena,” ucap Budi Sudarsono.

loading...