Soal Denda Kepada Persib Bandung, PSSI Ikuti Peraturan FIFA

PSSI telah menjatuhkan denda kepada Persib Bandung menyusul aksi suporter mereka yang memberikan dukungan koreografi kepada etnis Rohingya di Myanmar, 9 September lalu. Denda itu sesuai dengan keputusan Komisi Disiplin.

Hal itu sontak membuat para pendukung Persib kecewa dan bahkan memberikan sindiran kepada PSSI dengan mengumpulkan koin untuk membayar denda atas sanksi tersebut.

Pelanggaran yang dijatuhkan kepada Persib mengacu pada pasal 67.3 dari Kode Disiplin PSSI yang diterapkan sesuai dengan Kode Disipliner FIFA. Selaku induk federasi sepakbola dunia, FIFA melarang adanya simbol politis di lapangan.

Hal itu dipaparkan PSSI dalam keterangan resmi mereka, bahwa sejatinya hukuman yang dijatuhkan kepada Persib semata-mata karena mengikuti ketentuan dari FIFA dan tak ada maksud mendukung aksi kekerasan.

“Pada prinsipnya, PSSI sangat menentang tragedi kemanusiaan dalam bentuk apapun, di daerah apapun, terlebih apabila suatu tragedi menyebabkan hilangnya banyak nyawa,” beber Edy Rahmayadi, ketua umum PSSI.

“PSSI akan terus menjadikan perdamaian sebagai tujuan utama dari penyelenggaraan sepakbola, seperti yang tertuang dalam Statuta PSSI dan FIFA,” pungkas pria yang juga Pangkostrad tersebut.

loading...