Indra Sjafri: Kemenangan Ini Pertolongan Tuhan

Tim nasional (timnas) Indonesia berhasil memastikan diri lolos ke babak semi-final Piala AFF U-18 2017. Itu setelah, mereka membungkam Brunei Darussalam dengan skor telak 8-0 pada laga pemungkas grup B di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/8) petang.

Pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri pun semringah timnya berhasil lolos ke babak empat besar. Meski menang besar, Indra mengakui hasil tersebut tak didapatkan dengan mudah.

Terlebih, mereka main dalam kondisi cuaca yang cukup panas di babak pertama. “Alhamdulillah kami sudah memastikan lolos, permainan ini cukup melelahkan. Sekarang kami tinggal menunggu siapa yang akan menjadi lawan kami di semi-final,” kata Indra, dalam jumpa pers setelah pertandingan.

“Hasil ini perlu disyukuri, karena terus terang saya kurang mengantisipasi strategi sebelum turnamen kemarin. Harusnya, ketika lawan Vietnam kita tidak kalah sebanyak itu, mungkin minimal draw (seri). Tapi alhamdulillah kami diberikan kemenangan, ini termasuk pertolongan Tuhan yang diberikan ke anak-anak,” jelas pelatih asal Sumatera Barat itu.

Soal gol cepat yang dicetak Muhammad Rafli kurang dari satu menit di awal babak pertama, Indra mengakui memang sudah menginstruksikan hal tersebut. “Kami menghitung, memang di babak pertama itu minimal kalau bisa lima gol. Kami enggak mau kayak Myanmar lawan Filipina kemarin, yang di babak pertama 0-0. Kalau begitu bisa gila, stres,” bebernya.

Lebih lanjut, pelatih berusia 54 tahun itu menuturkan masih belum ingin memikirkan pertandingan semi-final. Termasuk soal pilihan tim mana yang ingin dihadapi.

Seperti diketahui, dari grup A, Malaysia sudah memastikan diri sebagai juara grup, sementara runner-up digenggam Thailand. Partai semi-final akan digelar di Stadion Thuwunna, Kamis (15/9) nanti.

“Saya mau istirahat dulu sebentar, besok pagi baru kami pikirkan, kan kami juga masih harus menunggu hasil dari laga setelah ini (Myanmar kontra Vietnam),” pungkasnya.