Permintaan Indonesia Ditolak, Dua Laga Penentuan Grup B Tetap Digelar Tak Bersamaan

Fase grup B Piala AFF U-18 2017 sudah memasuki pertandingan pemungkas. Dua laga terakhir yang akan digelar di grup B adalah antara Brunei Darussalam kontra Indonesia dan Myanmar melawan Vietnam.

Dua pertandingan itu akan diselenggarakan di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9). Sayangnya, dua laga tersebut tak digelar dalam waktu yang bersamaan. Padahal, tiga tim yang bertanding yaitu Indonesia, Myanmar, dan Vietnam masih bersaing untuk lolos ke babak semi-final.

Indonesia akan lebih dulu bertanding melawan Brunei pada pukul 15.00 waktu setempat, sedangkan Myanmar kontra Vietnam digelar pada pukul 18.00. Tentunya, waktu pertandingan yang tak bersamaan ini bisa saja memunculkan adanya “main mata” di laga Myanmar melawan Vietnam. Mengingat, mereka bisa lebih dulu mengetahui hasil antara Indonesia versus Brunei.

Pihak Indonesia pun sebenarnya sudah berupaya untuk mengajukan kedua laga itu digelar bersamaan, namun tetap tak bisa dipenuhi oleh pihak penyelenggara. “Panitia bilang, stadion yang satunya lagi yaitu Stadion Aung San enggak punya lampu kalau main malam. Jika pertandingan yang satu dimajukan ke jam 15.00, mereka enggak mau. Karena Vietnam hampir setiap pertandingan main sore,” ucap Indra Sjafri, pelatih Indonesia U-19.

Meski begitu, Indra menegaskan hal tersebut tak menyurutkan semangat skuat asuhannya pada laga penentuan melawan Brunei. “Makanya tadi mulai latihan sudah harus fokus mikirin diri kami jangan yang lain-lain, bagaimana kami benar-benar bisa lolos dari grup ini,” tegas pelatih berusia 54 tahun itu.

Hal senada juga dituturkan manajer timnas Indonesia U-19 Roni Fauzan. “Kami berharap hal ini tak memengaruhi fokus para pemain. Mohon doa dan dukungannya dari masyarakat Indonesia agar kami bisa lolos ke semi-final,” kata Roni.

Seperti diketahui, saat ini Indonesia berada di peringkat ketiga klasemen grup B dengan enam poin. Jumlah poin mereka sama dengan yang dikoleksi Myanmar, yang berada di peringkat kedua lantaran unggul selisih gol. Vietnam masih memuncaki klasemen dengan sembilan poin dan surplus 15 gol.

Maka itu, Indonesia harus menang minimal selisih delapan gol atas Brunei, jika ingin lolos tanpa menghiraukan hasil laga antara Myanmar melawan Vietnam.

loading...