Pelatih Timnas Malaysia U-19 Puji Gaya Bermain Indonesia

Tim nasional (timnas) Malaysia telah memastikan diri lolos ke babak semi-final Piala AFF U-18 2017. Mereka berhasil menjadi juara grup A, setelah mampu mengoleksi 13 poin dari lima laga yang telah dijalani.

Sebenarnya poin yang dikumpulkan Malaysia sama dengan Thailand, namun mereka unggul dalam hal selisih gol. Pelatih timnas Malaysia Bojan Hodak pun mengaku tak menyangka timnya bisa menjadi juara grup A. Itu jika mengingat waktu persiapan mereka yang hanya dua minggu sebelum turnamen.

“Mungkin kami beruntung sejak pertandingan pertama dan mampu mencetak gol. Itu membuat kami menjadi lebih percaya diri lagi,” kata Hodak.

Di samping itu, pelatih asal Kroasia tersebut juga menyampaikan pendapatnya terkait calon lawan timnya di babak semi-final nanti. Seperti diketahui, sebagai juara grup A, Malaysia bakal melawan runner-up grup B. Saat ini, masih ada tiga tim yang berpeluang untuk lolos ke babak empat besar dari grup B, yakni Vietnam, Myanmar, dan Indonesia, yang hasilnya baru akan diketahui, hari ini.

Hodak pun memberikan penilaian tersendiri terhadap performa Indonesia yang dilatih Indra Sjafri. “Saya pikir, Indonesia bermain sepakbola terbaik sejauh ini. Anda bisa lihat persiapan mereka, mengikuti turnamen di Eropa, serta memiliki pemahaman yang baik antarpemain. Ketika lawan Vietnam, saya rasa itu lebih kepada permasalahan fisik. Menurut saya, saat ini Indonesia bisa bermain lebih baik dari saat lawan Vietnam,” ucap eks pelatih Johor Darul Ta’zim itu, sembari memprediksi yang akan lolos dari grup B adalah Vietnam dan Indonesia.

“Saya tak ingin memilih di antara ketiganya. Secara teknik, Vietnam bukan yang terbaik tapi fisik mereka bagus. Sementara Indonesia, memiliki permainan sepakbola terbaik, secara individu dan pemahaman antarpemain yang terbaik. Sedangkan Myanmar adalah tuan rumah sehingga mereka memiliki pendukung yang banyak di stadion, jadi saya tak bisa memilih,” jelas pelatih berusia 46 tahun itu.

Sementara itu, babak semi-final akan digelar, 15 September mendatang. Laga empat besar akan diselenggarakan di Stadion Thuwunna, Yangon.

loading...