Hajar Filipina, Indra Sjafri Masih Kurang Puas

Tim nasional (timnas) Indonesia kembali berhasil menuai kemenangan pada laga kedua mereka di grup B Piala AFF U-18 2017. Tak tanggung-tanggung, mereka berhasil menghajar Filipina dengan skor telak 9-0 di Stadion Thuwunna, Yangon, Kamis (7/9) malam.

Meski menang besar, pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri masih belum terlalu puas dengan performa para pemainnya di laga ini. Menurutnya, masih ada beberapa kelemahan yang harus dibenahi.

“Kami pertama-tama bersyukur sekarang sudah mendapatkan enam poin. Tapi masih ada ganjalan bagi saya, ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Itu terkait dengan komposisi pemain baru yang kami turunkan di laga ini, mereka masih kurang memuaskan,” ujar Indra, dalam jumpa pers setelah pertandingan.

“Di babak kedua, beberapa peluang yang harusnya menjadi gol gagal tercipta. Ini akan kami benahi agar di laga selanjutnya bisa lebih baik lagi,” tambah pelatih berusia 54 tahun itu.

Lebih lanjut, Indra juga tak terlalu mempermasalahkan striker yang diturunkannya pada laga ini hanya berhasil mencetak satu gol. Pada babak pertama, Indra menurunkan Hanis Saghara Putra sebagai striker tunggal di depan dan digantikan Muhammad Rafli Mursalim di babak kedua.

Namun hanya Rafli yang mampu mencetak satu gol, itu pun dari titik penalti. “Kalau kami bisa cetak sembilan gol, tapi striker tak cetak gol kan sama saja. Tapi memang, saya setuju kalau performa striker kita perlu ditingkatkan. Itu yang akan kami coba perbaiki lagi, terutama untuk Piala Asia nanti kami akan coba cari lagi pemain yang berposisi striker,” jelas pelatih asal Sumatera Barat itu.

Sementara itu, dengan hasil ini, tim Garuda Nusantara memimpin puncak klasemen grup B dengan enam poin. Sedangkan Filipina semakin tenggelam di dasar klasemen, lantaran belum meraih poin dari dua laga yang telah dijalani.