Jejak Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19

Setelah Timnas Indonesia U-22 menuntaskan tugas di SEA Games 2017, perhatian pencinta sepak bola nasional akan bergeser ke Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri. Tim Garuda Nusantara menghitung hari sebelum tampil di Piala AFF U-18, 4-17 September 2017, di Yangon, Myanmar.

Secara khusus, ajang ini jadi kali kedua buat pelatih Indra Sjafri. Indra sebelumnya pernah menangani Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2013. Ketika itu, pelatih kelahiran Sumatra Barat tersebut berhasil membawa Evan Dimas dkk. jadi juara

Mereka mengalahkan Vietnam di laga puncak melalui adu penalti. Ini merupakan gelar pertama Indonesia sejak 22 tahun terakhir, di mana Indonesia tak pernah meraih satu gelar juara pun baik di level Asia Tenggara maupun level yang lebih tinggi.

Kemenangan Timnas Indonesia U-19 ini membuat nama Indra Sjafri mulai dikenal secara luas di dunia sepak bola Tanah Air.

Setelah sempat bertualang bersama Bali United, Indra Sjafri akhirnya kembali ke Timnas Indonesia U-19. Ia mendapat tugas untuk membawa Garuda Nusantara kembali berjaya.

”Kami, terutama para pemain sudah semakin siap. Mereka dalam suasana penuh motivasi dan sudah tidak sabar menunggu tanggal 5 September melawan Myanmar. Mohon doa kepada masyarakat Indonesia, semoga kami bisa juara lagi,” kata Indra.

Pada Piala AFF U-18 2017, Indonesia berada di Grup B bersama tuan rumah Myanmar. Selain itu, mereka juga akan bertemu Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, sementara Selandia Baru memutuskan mengundurkan diri.

Mampukah Indra Sjafri kembali membawa Timnas Indonesia U-19 juara? Kita tunggu saja.