Bek Veteran Persija Ogah Pensiun Meski Punya Lisensi Pelatih

Pemain belakang Persija Jakarta, Ismed Sofyan, jadi salah satu peserta kursus kepelatihan Lisensi C AFC. Pemain berusia 37 tahun ini punya cita-cita membagi pengalaman dan melatih anak-anak usia dini. Namun demikian, Ismed menegaskan masih belum memikirkan pensiun.

Kursus Lisensi A dan C digelar di Lapangan POR Sawangan, Depok, mulai 21 Agustus 2017 hingga 1 September 2017. Ismed jadi salah satu pemain yang masih aktif bermain, ikut serta dalam ajang ini.

Saat ditanya soal targetnya sebagai pelatih di masa depan, Ismed mengatakan hal yang tak muluk. Ismed hanya ingin bisa membagikan ilmunya dan melatih anak-anak usia dini. Sebab, menurutnya, banyak pemain yang sukses sebagai pemain justru tak bisa menularkan ilmu dan pengalamannya.

Selain itu, Ismed menegaskan sama sekali belum memikirkan niat untuk menggantung sepatu. Pemain kelahiran Tualang Cut, Aceh, 28 Agustus 1979, ini hanya akan pensiun jika memang pelatih sudah tak membutuhkannya lagi.

“Sebenarnya saya sudah telat kalau bicara ini (mendapat lisensi pelatih). Sahabat saya, Ponaryo (Astaman), sudah (lisensi) A. Harusnya saya ambil ini sejak 7-8 tahun lalu. Makanya sekarang saya ambil, dapat izin dari pelatih saya ikutan,” ujar Ismed kepada wartawan.

“Kalau saya punya keinginan untuk bisa melatih anak-anak kecil, jadi pelatih SSB (Sekolah Sepakbola) misalnya. Banyak pemain yang sukses sebagai pemain, tapi tidak bisa menyalurkan ilmunya. Saya ingin bisa menyalurkan pengalaman saya kepada anak-anak,” katanya.

“Meskipun saya sudah dapat lisensi (C AFC) nanti, kalau pensiun saya masih belum terpikir. Kalau pelatih sudah bilang ‘berhenti’, baru saya akan berhenti,” ucap Ismed.

Hingga saat ini, Ismed sudah membela armada Macan Kemayoran selama 14 tahun. Total, Ismed sudah tampil lebih dari 340 laga. (one)