Indra Sjafri: Timnas Indonesia U-19 Masih Berproses

 Indra Sjafri menilai tim asuhannya, Timnas Indonesia U-19, masih butuh proses untuk berkembang. Selama dua pekan menggelar pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta, secara kemampuan dan juga pemahaman materi, para pemain dinilai cepat menangkap. Namun, harus selalu diasah dan ditempa lebih lama.

Memasuki pekan kedua pemusatan latihan tahap akhir jelang Piala AFF U-18 di Myanmar, 4-17 September 2017, Timnas Indonesia U-19 terus mematangkan persiapan.

Meski begitu, Indra Sjafri tetap menginginkan pasukannya berkembang secara bertahap meski target juara pada ajang itu bisa diwujudkan.

“Pemahaman pemain dari setiap instruksi yang diberikan sesuai dengan proses. Ini bagus karena saya tidak bisa simsalabim, saya bukan ahli nujum. Kalau ahli nujum saya bisa menghitamputihkan orang. Pemain ini usia muda, mereka butuh proses dan proses itu harus dilalui dengan tahapan,” papar Indra Sjafri.

Selama pemusatan latihan tahap terakhir di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), menu setiap sesi taktik, menyerang dan bertahan termasuk transisi, semuanya dilakukan dan dilahap dengan baik oleh para pemain.

Materi-materi tersebut harus dijalani setiap pemain karena Indra menginginkan anak asuhnya di Timnas Indonesia U-19 memiliki empat aspek, yakni teknik dan skill yang bagus, kemampuan taktik mumpuni, kondisi fisik prima, dan mental baja dalam bertanding.

“Hal ini yang terus kami asah hingga keberangkatan tim ke Myanmar,” ujar mantan pelatih Bali United tersebut.

Itulah mengapa untuk mencapai target juara, Indra Sjafri cukup tegas terhadap anak asuhnya. Dia menyebut sebagai sebuah timnas, semua hal harus dijaga mulai lokasi penginapan, menu makanan yang tercukupi dan dicari semua yang terbaik. “Semua harus dijalankan dengan baik dan secara disiplin,” tegasnya.

loading...