Timnas Indonesia U-16 Kembali Tanpa Hamsa Lestaluhu Di Pra Piala Asia

Tim nasional (timnas) Indonesia U-16 dipastikan kembali tak akan diperkuat gelandang energik Hamsa Lestaluhu pada grup G Pra Piala Asia (PPA) U-16 2018 di Thailand, 16-24 September 2017. Menyusul, pemain asal Tulehu itu masih belum pulih dari cederanya.

Hamsa sebenarnya merupakan salah satu pemain andalan di tim berjulukan Garuda Asia itu. Namun cedera yang dialaminya jelang keberangkatan ke Piala AFF U-15 2017 lalu itu, membuatnya gagal beraksi di pentas tersebut dan kali ini di PPA U-16.

“Hasil MRI-nya sudah kami bawa ke dua rumah sakit. Kesimpulannya, dia perlu waktu untuk sembuh. Artinya, saya sudah sampaikan ke Hamsa dia tak bisa ikut ke PPA, dan juga ke pemain lainnya,” kata Fakhri Husaini, pelatih timnas Indonesia U-16.

“Saya sudah sampaikan ini sejak pertemuan pertama, bahwa tim ini enggak ada Hamsa. Hamsa bagian penting dari tim ini, tapi kenyataan ini harus dihadapi. Kalaupun dia sembuh, enggak mungkin mengejar ketertinggalannya lantaran sudah istirahat lama. Kalau dari dokter, kalau enggak ada tindakan operasi paling tidak sekitar tiga bulan pulihnya,” tambahnya.

Menariknya, ketika Hamsa dicek di rumah sakit kedua, dia didiagnosa bukan menderita cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament). “Ini yang saya enggak mengerti. Dua rumah sakit itu memberikan diagnosa yang berbeda, yang satu bilang ACL, sementara satu lagi bilangnya hamstring,” beber eks kapten timnas Indonesia itu.

“Mudah-mudahan Hamsa tidak separah yang kita perkirakan. Kalaupun dia enggak bisa main di kualifikasi, mudah-mudahan kami bisa lolos sehingga dia bisa ikut di putaran final nanti,” pungkasnya.

Sementara itu, Hamsa saat ini masih terus menjalani proses penyembuhan cederanya di Cijantung, berkumpul bersama dengan rekan-rekannya yang lain di timnas Indonesia U-16. Saat ini, ada 30 pemain yang sedang mengikuti pemusatan latihan timnas U-16, belum termasuk Hamsa, di Makopassus, Cijantung.

loading...