Menularkan Perdamaian Bobotoh dan Jakmania

Pentolan Viking Persib Club, Agus Rahmat, mengapresiasi aksi nyata perdamaian yang dilakukan Bobotoh dan Jakmania. Pria yang akrab disapa Gusdul ini memberi respek atas inisiatif perdamaian tersebut.

Pada Jumat (28/7/2017) malam WIB, di depan stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Bobotoh dan Jakmania berinisiatif menggelar aksi damai dengan membakar lilin. Selain respons dan belasungkawa atas meninggalnya salah satu Bobotoh, Ricko Andrean, aksi nyata ini menunjukkan bahwa dua kubu pendukung Persija Jakarta dan Persib Bandung bisa bersatu.

“Itu merupakan suatu aksi nyata yang baik menuju perdamaian. Apalagi Bekasi kan daerah yang rawan di mana kedua suporter berada di wilayah yang saling berdekatan. Saya respek sekali, dan patut dicontoh oleh teman-teman Bobotoh yang lainnya,” ujar Agus, seperti dilansir situs resmi Persib.

Gusdul mengatakan, kampanye perdamaian sangat perlu untuk terus disuarakan. Akan tetapi, dia sadar perlu proses untuk menyatukan rivalitas antara Jakmania dan Bobotoh.

“Memang sudah seharusnya perdamaian. Tapi, ini tidak bisa instan begitu saja untuk menyatukan keduanya. Terlebih yang kami takutkan masih ada oknum yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan suporter,” ucapnya.

loading...

“Tapi bagaimana pun juga semua berawal dari niat diri sendiri, kemudian kita tularkan kepada teman dekat, saudara dan siapa pun itu. Biar semua generasi tahu kalau dengan berdamai itu banyak nilai positif yang bisa diambil,” papar Gusdul.