Bonek, Palestina, dan Doa Untuk Dua Suporter yang Meninggal

 Kemenangan Persebaya Surabaya atas Martapura FC dengan skor 2-0, di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (27/7) malam, menyisakan sejumlah cerita dari Bonek, pendukung Persebaya. Itu adalah solidaritas dan dukungan untuk Palestina. Bonek mewujudkannya secara nyata di pertandingan tersebut.

Bentuk dukungan Bonek kepada warga Palestina ditampilkan dalam sebuah koreo di tribune utara dan selatan. Di utara, Bonek yang tergabung dalam Green Nord mempertontonkan sebuah koreo bergambar bendera Palestina berukuran raksasa yang berjejer dengan bendera Indonesia.

Selain koreo, bentuk dukungan lain yang disampaikan Bonek tribune utara adalah teriakan “Save Palestine” dan “Palestine Freedom” sebelum wasit meniup peluit tanda laga dimulai. Aksi yang mereka lakukan mendapat tepuk tangan dari puluhan ribu penonton di dalam stadion.

Aksi koreo bendera Palestina juga dilakukan Bonek dari tribune selatan. Dari tribune barat, cukup banyak penonton yang membawa bendera Palestina ke dalam stadion. Mereka lantas menyandingkan bendera Palestina dengan bendera Indonesia.

Dari tribun VIP, ada salah seorang penonton yang menerbangkan drone sebelum laga dimulai. Drone tersebut diterbangkan untuk mengibarkan bendera Palestina. Selain itu, ada spanduk warna putih bertuliskan “Save Palestine” yang dibentangkan Bonek dari tribune timur.

Solidaritas Bonek bukan hanya untuk Palestina. Bersama skuat Persebaya, Bonek juga mengheningkan cipta untuk dua orang suporter yang meninggal dunia karena pengeroyokan dan penganiayaan, yakni Ricko Andrean (Bobotoh) dan Muhammad Nur Ananda (Magelang). (saf/jpc)