Liga 2: PSBL Langsa Geser Persiraja

PSBL Langsa meraih poin penuh usai membungkam perlawanan Pro Duta FC Jakarta, 2-0, dalam lanjutan Liga 2 Indonesia putaran kedua musim 2017, di Stadion Langsa, petang kemarin.

Tambahan tiga angka langsung membuat Elang Biru naik ke peringkat ketiga. Ya, mereka sukses menggeser posisi Persirajake urutan keempat. Keberhasilan mereka tersebut tak lepas dari hasil draw Persiraja versus tuan rumah PS Timah Babel, 1-1, di Stadion Depati Amir, Pangkalpinang.

Memang, kedua kesebelasan Aceh ini sama-sama memiliki 12 poin. Namun, produktivitas gol anak-anak Langsa lebih unggul. Apalagi, mereka mampu menang WO atas tuan rumah Persih Tembilahan. Hasil buruk tersebut membuat Pro Duta tetap berada di papan bawah dengan nilai 5.

Tanda-tanda kemenangan PSBL Langsa sudah terlihat nyata. Untuk duel ini, ternyata Pro Duta hanya datang dengan kekuatan 13 pemain saja. Bahkan, tak terdapat nama Muhammad Hamzaly, beserta Romi Agustiawan yang selama ini menjadi tembok kokoh Kuda Pegasus–julukan Pro Duta Jakarta. Malahan, di bench hanya ada satu pemain pengganti selain dari kiper. Pro Duta didominasi oleh pemain cadangan.

Pada laga itu, anak asuhan Iwan Setiawan dan Kurnia Khalid sukses memiliki peluang emas. Begitu banyak peluang yang diperoleh, tapi belum berhasil diselesaikan dengan baik oleh pemain di lini depan.

Tercatat, tujuh peluang emas namun hanya dua yang berhasil mereka lesatkan ke gawang Pro Duta. Bahkan, lima peluang di depan gawang Pro Duta karena masih buruknya fokus pemain.

Dua gol bagi PSBL Langsa dicetak striker baru yang direkrut dari Persiba Balikpapan, Ismail Haris dan Yusrizal Muzzaki. Gol pertama lahir di menit 28 berawal bola tendangan jarak jauh oleh Firdaus Rmadhan. Tendangan itu gagal diantisipasi dengn baik oleh penjaga gawang Pro Duta, Andy Prayoga, sehingga bola muntah itu langsung disambar Ismail Haris.

Sementara gol kedua menit 43 diawali dari aksi Ismail Haris membawa lari bola di sayap kiri. Kemudian, dia memberikan kepada ke Renggur yang berdiri bebas. Tembakan keras Renggur gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper Pro Duta. Bola rebound tersebut diakhiri oleh sepakan Yusrizal Muzzaki.

Asisten Pelatih PSBL Langsa, Kurnia Khalid menilai kehadiran pelatih baru Iwan Setiawan terbukti mampu mendongkrak semangat anak-anak. Diakuinya walaupun banyak peluang tapi belum berhasil membuahkan gol.

“Alhamdulillah, Allah telah memberikan hasil terbaik hari ini bagi PSBL Langsa. Kita sangat puas dengan hasil hari ini. Terima kasih kepada suporter dan masyaraka yang hadir memberikan semangat buat pemain,” tutup Kurnia Khalid.

Asisten pelatih Pro Duta, Reza Afiza mengaku kecewa karena selama ini mereka selalu membawa hasil bagus ketika melakoni laga kandang dan tandang. “Kekalahan hari ini karena kita datang hanya dengan 13 pemain saja. Tentu saja ini sangat menyulitkan kita dalam tarung melawan tuan rumah,” komentar Reza.(zb)

susunan pemain
PSBL LANGSA – Zulbahra, Feri Sistianto, Firdaus Ramadhan, Heriansyah Putra, Kiki Hrisandi, Fajrullah, Muklisin Azis Hutagalung, Sandi Put Wijaya, Yusrizal Muzzaki, Ismail Haris, M Renggur

PRO DUTA FC – Andy Prayoga, Arif Rahman Adilah, Asrul Waly, Rahman Tomylawa, Egy Armanda, M Iqbal, Munawir Basri, Rocky Ariansyah, Fiwi Dwipan, M Khadafi Tuasalmony, Rizki Ramadhan