Yamashita Tak Masalah Bertandem dengan Siapa Saja

Dengan absennya Matehus Lopes karena akumulasi kartu, lini belakang Borneo FC terancam timpang kala menantang Persija Jakarta, Minggu (16/7). Meski begitu, Kunihiro Yamashita sebagai legiun asing di sektor pertahanan, menjanjikan timnya tak kebobolan.

Yamashita yang dijuluki The Samurai itu tidak pilah-pilih tandem di barisan pertahanan. Ada dua opsi yang tengah disiapkan, yakni Leonard Tupamahu dan Firly Apriansyah. “Seperti biasa, kami akan kerja keras. Semua pemain punya kualitas yang sama untuk berjuang,” kata Yamashita.

Sejak direkrut, Yamashita masih menjadi pemain paling sering tampil. Sebanyak 1.170 menit menjadi koleksinya. Terbanyak dibanding Leonard yang hanya 875 menit atau Matheus 810 menit.

Tidak hanya kukuh dalam bertahan, Yamashita kerap membantu penyerangan saat servis bola mati atau sepak pojok. Postur jangkungnya ideal untuk menyambut umpan terukur Flavio Beck Junior atau Ponaryo Astaman. Sebagai bukti, satu gol telah dibukukan.

Menghadapi Persija, Yamashita bakal kembali diasuh Ricky Nelson. Keduanya punya kedekatan di Piala Presiden 2017. Ricky sebetulnya bukan orang asing lagi untuk Borneo FC. Pada Piala Presiden 2017 yang lalu, Ricky berhasil membawa Pesut Etam jadi finalis, meski turun dengan pemain lapis.

Usai Piala Presiden pada Maret lalu, Ricky menangani akademi Borneo FC yang mengurusi U-15, U-16, dan dipercaya sebagai pelatih kepala Borneo FC U-19. Mantan agen pemain itu pun, menyempatkan mengambil lisensi A kepelatihan di Singapura.

Disebutkan Yamashita, Ricky pasti telah paham dengan cara permainan serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Untuk mencari tandem yang cocok, bukanlah suatu kesulitan. “Saya kenal baik dengan coach Ricky. Saya yakin, kami bisa curi poin kali ini,” kata Yamashita.

Permainan Yamashita cukup terkontrol di laga-laga terakhir. Awal musim, pemain 31 tahun itu cukup temperamen. Koleksi tiga kartu kuning didapat dalam tempo sepuluh hari jadi bukti penampilan kasarnya. Larangan bermain pun pernah dirasakannya dan hanya sekali. Selebihnya, selalu mendapat tempat utama di skuad reguler.

Terpisah, asisten pelatih Ahmad Amiruddin tidak menampik tenaga Yamashita sangat dibutuhkan tim musim ini. Pengalaman serta kemampuannya menjaga pertahanan cukup baik, terutama dalam laga kandang.

“Yamashita pandai dalam berkomunikasi di pertahanan. Sosoknya bisa jadi pemimpin di belakang,” pungkas Amir, sapaannya. (*/abi/is/k15/ira/JPG)

loading...