Berat… Selain Harus Menangi Tiga Laga, Garuda Asia Berharap Australia Terpeleset

Perjalanan timnas Indonesia di Piala AFF U-15 2017 di Chonburi, Thailand, tidak semulus yang diperkirakan.

Dua kali bertanding, skuat yang dijuluki Garuda Asia itu baru mengoleksi satu poin dari dua pertandingan penyisihan Grup A.

Satu-satunya poin Indonesia itu didapatkan saat menahan imbang Myanmar di pertandingan pertama. Di laga kedua kontra Thailand, Selasa (11/7) malam, tim polesan Fakhri Husaini itu takluk dengan skor tipis 0-1.

Memang, hasil itu membuat peluang skuat Garuda Asia untuk lolos ke semifinal semakin berat. Untuk bisa meraih runner up grup, Indonesia setidaknya harus bisa menaklukkan tiga lawan tersisa, Australia, Singapura, dan Laos.

Setelah takluk dari Thailand, praktis Indonesia hanya bisa berharap lolos ke fase selanjutnya sebagai runner up grup. Thailand hampir pasti juara grup karena sudah mendapatkan enam poin dari dua kemenangan sejauh ini.

Untuk runner up, Australia bepeluang besar karena Australia mampu mengoleksi tiga poin, sementara Myanmar sudah empat poin di posisi runner up. Tapi, posisi itu akan berubah setelah Australia berjumpa Myanmar karena tim Kanguru dianggap lebih baik dari Myanmar.

Indonesia bagaimana? Saat ini skuat Merah Putih masih ada di posisi kelima dengan satu poin dari dua laga. Kalau bisa memenangi tiga laga tersisa dan mengoleksi 10 poin dari sembilan poin tambahan dari tiga kemenangan, maka Rendy Juliansyah dkk bisa lolos ke semifinal.

Bagaimana peluangnya? tentu saja berat karena Australia yang siap menghadang. Bisa menaklukkan Australia, maka Indonesia memiliki kans untuk lolos sembari berharap Australia bermain imbang dengan Myanmar.

“Sembilan poin kami usahan bisa direbut nanti,” kata pelatih timnas Indonesia u-16 Fakhri Husaini.(dkk/jpnn)

Klasemen Grup A Piala AFF U-15 2017

tim main menang imbang kalah gol poin

Thailand 2 2 0 0 3-1 6
Myanmar 2 1 1 0 4-2 4
Australia 2 1 0 1 9-2 3
Laos 2 1 0 1 2-2 3
Indonesia 2 0 1 1 2-3 1
Singapura 2 0 0 2 0-10 0