Persebaya Bantah Lisensi Alfredo Vera Bermasalah

Menjelang pertandingan kontra Persatu, Persebaya Surabaya diguncang isu tidak sedap mengenai lisensi kepelatihan sang juru racik, Angel Alfredo Vera. Rumor menyebutkan, pelatih asal Argentina ini disebut-sebut bermasalah alias tidak memenuhi standar yang ditentukan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru.

Namun, rumor itu langsung dibantah manajemen Persebaya. Melalui Media Officer, Roky Maghbal, Persebaya memastikan tidak ada masalah mengenai lisensi kepelatihan Alfredo. Buktinya, operator kompetisi mengesahkan status Alfredo sebagai pelatih kepala Persebaya.

“Saya rasa tidak perlu dijawab kalau hanya rumor. Logikanya, kalau lisensi coach Alfredo bermasalab atau tidak memenuhi standar, seharusnya operator menolak. Kenyataannya, saat kami kirimkan semua syarat yang diminta, diterima dan disahkan PSSI dan operator,” ujar Roky.

Hanya, Roky tidak menyebutkan atau membeberkan lisensi apa yang dimiliki pelatih yang mengantarkan Persipura Jayapura menjuarai TSC 2016 tersebut. Untuk membuktikan, ia mempersilakan siapa saja untuk bertanya ke PSSI.

Kemunculan kabar miring itu sendiri terjadi ketika Persipura tidak memperpanjang kontrak sang pelatih. Padahal, Alfredo berhasil membawa Persipura meraih gelar tertinggi di turnamen jangka panjang, Torabika Soccer Championship (TSC) presented by IM3 2016.

Keputusan manajemen Persipura melepas Angel Alfredo Vera pun menimbulkan spekulasi bila lisensi kepelatihan sang pelatih bermasalah sehingga ia tidak bisa melatih tim level Liga 1.

“Kabar itu harus dibuktikan dulu. Karena kalau lisensinya bermasalah, semestinya dia tidak bisa melatih Persipura di TSC 2016. Meski sekadar turnamen, TSC juga menerapkan regulasi yang sama soal lisensi seorang pelatih kepala,” ujar Roky.