Aksi Telanjang Dada Bobotoh Persib di Banjarmasin

Sanksi larangan tidak boleh memakai atribut saat mendukung Persib Bandung tidak menyurutkan semangat bobotoh mendukung tim kesayangannya. Mereka akan tetap mendukung tim kesayangannya saat bertemu tuan rumah Barito Putera pada pekan ke-11 Liga 1 2017 di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Minggu (18/6/2017) dengan gaya unik.

Bobotoh bahkan menjadikan laga Persib, termasuk saat meladeni Barito, sebagai buligir day (hari bertelanjang dada).

Semula, fans Maung Bandung berencana memberikan dukungan kreatif saat Persib berduel melawan Barito Putera dengan berbagai atraksi. Namun, untuk menghormati denda dan sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI yang dialamatkan ke Tim Pangeran Biru, mereka mengurungkannya.

“Kami hormati aturan itu, walaupun awalnya mau ada koreo dan lainnya tapi akhirnya kami batalnya. Bagaimana lagi?” ujar Ketua Viking Borneo Kalimantan Selatan, Devis Setiawan, seperti dilansir dari situs resmi Persib.

“Tapi walau tanpa atribut, bobotoh akan tetap mendukung penuh semangat. Kalau perlu, buligir day lagi!” sambungnya.

Mewakili rekan-rekannya, Devis menegaskan bahwa bobotoh tak mau membiarkan timnya melangkah sendiri. “Persib tidak bakalan melangkah sendirian. Di mana ada Persib, di situ ada kami yang ngadukung make manah (mendukung dengan hati),” ucapnya.

Sanksi dilarang mengenakan atribut yang diberikan Komdis PSSI menyusul ulah sejumlah bobotoh yang, menyerbu lapangan saat pertandingan melawan Bhayangkara FC di Stadion Patriot, Bekasi, 4 Juni 2017 lalu. Akibatnya, pertandingan sempat dihentikan.

Sayang, kreativitas bobotoh tak berbuah hasil positif bagi Persib Bandung. Sergio van Dijk dkk. gagal meraih poin pada pekan ke-11 Liga 1 2017. Mereka kalah 0-1 dari Barito Putera. Tim Pangeran Biru kini kian jauh dalam perburuan gelar kasta elite. Persib ada di posisi 12 klasemen sementara dengan raihan 16 poin, tertinggal enam poin dari Madura United yang ada di posisi puncak.