Gavin Kwan Adsit Bangga Kembali ke Timnas Indonesia

Bek kanan Barito Putera, Gavin Kwan Adsit, sangat senang dan bangga bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia setelah terakhir kali mengenakan jersey berlambang Garuda di dada semasa memperkuat Timnas Indonesia U-19. Menjadi satu-satunya bek kanan untuk laga kontra Kamboja dan Puerto Rico, Gavin Kwan Adsit siap untuk berkontribusi lebih besar.

Gavin Kwan Adsit masuk 22 pemain Timnas Indonesia yang dibawa Luis Milla untuk beruji coba dengan Kamboja dan Puerto Rico pada 8 dan 13 Juni 2017. Ini merupakan kali pertama Gavin kembali berseragam Timnas Indonesia setelah terakhir kali berseragam Timnas Indonesia U-19 sebelum bergabung dengan klub Rumania, CFR II Cluj.

Absen selama kurang lebih dua tahun, Gavin Kwan mengaku dirinya terus menempa diri dan bekerja keras demi bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia. Ia merasa sangat senang karena peluang itu berhasil diraih lagi.

“Saya sangat senang dan bangga mendapatkan kesempatan untuk menjalani seleksi lagi bersama Timnas Indonesia. Sebuah kehormatan bisa kembali bergabung dengan Tim Garuda. Semoga saya bisa memberikan yang terbaik dan mengikuti instruksi pelatih,” ujar Gavin Kwan Adsit sebelum bertolak ke Kamboja pada Senin (5/6/2017) untuk melakukan laga uji coba internasional di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamis (8/6/2017).

“Dua tahun ini saya terus bekerja keras agar bisa dipanggil lagi memperkuat Timnas Indonesia. Terakhir saya membela timnas adalah di level Timnas Indonesia U-19 dan setelah itu tak pernah dipanggil lagi. Dua tahun terakhir saya fokus mencari peluang untuk bisa kembali,” lanjutnya.

Gavin Kwan Adsit termasuk pesepak bola yang bisa bermain di sejumlah posisi. Pertama kali dikenal sebagai seorang pemain tengah, Gavin juga sempat bermain sebagai striker dan bek. Ia mendapat kesempatan menjadi striker dan bek bersama Barito Putera yang membuatnya dipanggil Luis Milla untuk mengisi posisi bek kanan.

“Saya sempat bermain dalam dua posisi bersama Barito Putera di satu pertandingan. Pada babak pertama saya bermain sebagai striker dan di babak kedua sebagai bek kanan. Tidak ada masalah soal perubahan posisi itu, yang penting adalah kebutuhan pelatih ingin memainkan saya di posisi apa. Bagi saya, yang penting hanya mengubah mindset saya saat bertanding,” ujarnya.

Gavin juga mengungkapkan pendapatnya terkait keberadaannya sebagai satu-satunya bek kanan dalam 22 pemain Timnas Indonesia yang dibawa Luis Milla ke Kamboja. “Saya melihat dalam daftar pemain memang bek kanan hanya saya sendiri. Saya harus memberikan kontribusi ekstra untuk tim ini,” ucapnya.