Timnas U-19 kalah karena kesalahan sendiri

Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri mengakui Republik Ceko unggul dalam hal fisik dari timnya. Namun, Indra mengatakan, anak-anak asuhnya kalah dari Ceko akibat kesalahan sendiri.T

Timnas U-19 menjalani laga keduanya di Grup C Toulon Tournament, Sabtu (3/6/2017). Pada laga tersebut, pasukan Garuda Jaya harus bermain melawan skuat Ceko U-20.

Sayangnya, Egy Maulana Vikry dan kawan-kawan dipaksa menelan kekalahan dengan skor 0-2. Kekalahan ini membuat timnas U-19 menelan dua kekalahan dari dua pertandingan penyisihan grup..

“Kita akui Ceko lebih unggul secara fisik, dan lebih strong. Tapi kita tadi juga ada beberapa peluang, namun belum bisa tercipta gol,” ujar Indra.

Menurut mantan pelatih Bali United ini, timnas U-19 tumbang bukan karena lawan yang lebih superior. Namun karena kesalahan yang dilakukan penggawa timnas sendiri.

Meski demikian, Indra menyebut laga tersebut akan jadi pengalaman berharga bagi timnas U-19. Bahkan, dia berharap anak-anak asuhnya bisa kembali bermain di laga-laga seperti itu lagi

“Kita bikin kesalahan dari dua gol yang terjadi. Tapi pertandingan ini bagus buat kami,” tutur Indra.

“Kita harus perbanyak lakukan pertandingan dengan lawan-lawan yang levelnya di atas kita, untuk membiasakan cara bermain kita semakin teruji,” tambahnya.

Kekalahan dari Ceko U-20 memupus jalan timnas U-19 lolos ke babak berikutnya. Namun, timnas U-19 masih punya sisa satu laga lagi di Grup C yakni melawan Skotlandia. (fit/hsw)