PREVIEW Liga 1 2017: Persela Lamongan vs Sriwijaya FC

Persela Lamongan bakal menjamu Sriwijaya FC (SFC) pada pekan kesembilan Liga 1 2017 di Stadion Surajaya, Lamongan, Kamis (1/6) malam. Bagi Persela yang bertindak sebagai tuan rumah, kemenangan menjadi target yang dicanangkan dalam laga tersebut.

Terlebih mereka baru saja gagal memuluskan langkah, karena usai menang telak 4-0 atas Arema FC, Persela justru terkapar saat mengunjungi markas PS TNI dengan skor tipis 3-2 dalam laga terakhirnya.

“Intinya sebagai tuan rumah ya harus tiga poin, kami akan berusaha untuk itu. Tapi yang jelas, kami harus bisa lebih baik dari yang kemarin (lawan PS TNI), supaya bisa tetap berada di jalur kemenangan,” kata Heri Kiswanto, pelatih Persela.

Pelatih yang akrab disapa Herkis itu berharap, para pemainnya bisa tampil lebih maksimal saat menjamu SFC untuk mewujudkan target tersebut. Sorotan pun dilakukan di sisi pertahanan, yang dianggap mantan juru taktik PSS Sleman ini masih cukup lemah dan sering hilang konsentrasi saat pertandingan.

“Di latihan kami sudah coba memperbaiki itu. Memang perlu kerja keras, karena kejadian itu tidak menutup kemungkinan kembali terjadi pada saat pertandingan, dan saya harap itu tidak lagi terulang. Karena dalam sepakbola, tidak boleh mengulang kesalahan yang sama,” jelasnya.

Pada laga ini, Persela juga dipastikan tak akan bisa diperkuat oleh penyerang asingnya asal Brasil Ivan Carlos, lantaran harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Terkait hal ini, Herkis mengaku tidak khawatir, karena sudah menyiapkan pengganti yang dianggapnya cukup sepadan.

“Sriwijaya tim bagus, semua tim sekarang berbeda, kompetisi pun berbeda, aturannya berbeda. Sehingga antara pemain muda dan senior harus kompak demi menjaga keutuhan tim. Saya selalu katakan bahwa setiap pertandingan harus bisa lebih baik dari yang kemarin. Beberapa kali pertemuan latihan ada sejumlah pemain yang kami coba. Lihat saja nanti siapa yang bakal menggantikan peran Ivan Carlos,” tutur Herkis, sambil berteka-teki.

Sementara itu, penyerang muda potensial milik Persela Fahmi Al Ayyubi menambahkan, dirinya sudah siap mengemban misi membobol gawang SFC bila dipercaya tampil di laga ini.

“Saya akan coba kembali berjuang, dan insya Allah akan bisa mengulangi (mencetak gol). Asal semua pemain bisa kompak, saya yakin tidak ada masalah. Saya sendiri akan coba bermain maksimal, untuk bisa mempersembahkan kemenangan bagi Persela,” ucap Fahmi.

Di lain pihak, SFC datang ke Lamongan dengan kondisi yang bisa dikatakan tidak jauh lebih baik. Karena ada sekitar enam pemain andalannya yang dipastikan harus menepi dengan berbagai alasan. Mulai dari Ahmad Maulana, Rahmad Hidayat, Teja Paku Alam, Rudolof Yanto Basna, hingga Bio Paulin.

“Kami ke sini dengan banyak pemain yang cedera dan tidak bisa main, tapi kami optimistis saja karena tidak ada tim yang sempurna. Kami coba siapkan pengganti sesuai kebutuhan. Semoga pemain pengganti bisa main bagus dalam pertandingan nanti,” ujar Oswaldo Lessa Filho, pelatih SFC.

“Kami juga sudah siapkan strategi dengan formasi 4-3-3, meski kami harus melakukan rotasi karena ada enam pemain yang cedera. Kami juga harus kerja keras dan semangat dalam pertandingan nanti, untuk bisa mencari poin yang sempat hilang di pertandingan sebelumnya. Pemain harus bisa kerja sama tim dan disiplin, sehingga bisa menandingi Persela,” tutup Lessa.(gk-43)

Prakiraan Susunan Pemain: 

Persela Lamongan: Choirul Huda; Ahmad Birrul Walidan, Samsul Arifin, Aang Suparman, Marcio Rozario; Muhammad Agung Pribadi, Kosuke Yamazaki, Eka Ramdani; Moch Fahmi Al Ayyubi, Samsul Arif, Saddil Ramdani

Sriwijaya FC: M. Sandy Firmansyah; Indra Permana, Firdaus Ramadhan, Bobby Satria, Zalnando; Yu Hyun Koo, Ichsan Kurniawan, Tijani Belaid; Maldini Pali, Alberto Goncalves, Hilton Moreira